Kader PMII Cabang Curup bersama Dandim dan Polres RL/foto ari yanto-sahabatarkyat.com
Kader PMII Cabang Curup bersama Dandim dan Polres RL/foto ari yanto-sahabatarkyat.com

REJANG LEBONG, sahabatrakyat.com- Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Cabang Curup, baru-baru ini (18/2/2017) menggelar Konfercab (Konferensi Cabang). Salah satu agenda Konfercab adalah memilih ketua baru PMII Cabang Curup untuk periode satu tahun ke depan.

Konfercab bertema “Rekonstruksi Gerakan Dalam Harmoni Ilam Ahlus Sunnah Wal Jama’ah dan Spirit Juang 4 Pilar Kebangsaan”  itu diadakan di Gedung Nadhatul Ulama, Sukowati, dimulai sejak pukul 09.15-15.10 WIB. Lebih dari 40 kader PMII dari berbagai macam level kepemimpinan, mulai dari level aliansi rayon (STAIN Curup), komisariat STAIN Curup dan Politekhnik Raflesia, dan Pengurus Cabang PMII Curup. Juga hadir Dandim 0409/RL, Polres Rejang Lebong, dan para senior sebagai peninjau dan penasihat.

Ketua Panitia Konfercab Zainal Abidin S.Sos, mengatakan, konferensi cabang ke-21 bertujuan untuk mengembalikan tingkat kepercayaan para kader terhadap pemimpin dalam mengembalikan integritas dan semangat baru dengan dipilihnya pemimpin baru guna mengawal dan menjaga bangsa dan negara ini dari perpecahan, khususnya di Kabupaten Rejang Lebong.

Suasana Konfercab PMII Cabang Curup/foto Ari Yanto-sahabatrakyat.com
Suasana Konfercab PMII Cabang Curup/foto Ari Yanto-sahabatrakyat.com

Mengingat pentingnya organisasi kemahasiswaan dan ke-Islaman ini, Polres Rejang Lebong, AKBP Yogi, menuturkan bahwa pemuda harus mempunyai idealisme yang tinggi, senantiasa berfikir kritis dan harus mempertahankan itu guna menjaga dan mempertahankan negara ini dari gerakan dan berbagai macam konflik yang bertujuan memecah-belahkan kesatuan negara ini.

Yogi menambahkan, agar para peserta konferensi  tidak mudah untuk terprovokasi terhadap berbagi propaganda yang muncul, beliau menegaskan bahwa musuh bangsa ini bukan lagi Amerika ataupun para penjajah, tapi musuh bangsa ini adalah kemiskinan dan kebodohan. Hal selaraspun dituturkan oleh Mabrursyah Masykur S.Pd, S.Ipi, M.Hi.

Pemiilihan ketua baru yang diselenggarakan secara demokrasi itu  akhirnya memilih Lukman Mubarok S.Pd sebagai ketua umum yang baru (Khidmat 2017-2018) menggantikan Rahmat Yudhi Septian S.Pd.

Muhammad Iqbal S.Sos selaku pengurus koordinator cabang PMII sekaligus peninjau Konfercab berharap agar ketua umum yang baru dan mengajak para kader untuk tidak terlalu berlarut terhadap persoalan dan konflik yang terjadi. Dia berharap tidak terjadinya dualisme kepemimpinan dan perpecahan terhadap perbedaan pendapat.

Iqbal juga berpesan kepada semua kader PMII untuk selalu mengikuti proses dan harus memiliki keyakinan bahwa orang yang mengikuti proses kaderisasi sesuai dengan aturannya pasti akan menjadi orang yang berhasil dan akan ditulis sebagai orang yang masuk dalam catatan sejarah.

Sesuai dengan tema Konfercab, PMII Cabang Curup sebagai PMII tertua di Provinsi Bengkulu ini berharap dengan konferensi cabang XXI kali ini dapat menghasilkan gebrakan, refleksi dan strategi yang jitu guna tetap mempertahan eksistensi pergerakan dalam rangka berjuang bersama mengabdi untuk negeri, mempertahankan keutuhan NKRI, dan selalu menjunjung tinggi Islam aswaja guna membumikan Islam Nusantara.

Sebagaimana disampaikan ketua cabang terpilih, Lukman Mubarok S.Pd dan Rahmat Yudhi Septian S.Pd, mantan ketua, mereka berharap dan mengajak semua kader khususnya dan semua pihak untuk duduk bersama dalam menanggapi segala persoalan yang terjadi di Republik ini. (cw10)