previous arrow
next arrow
Slider

Mahasiswa & Warga Desa Ka’ana Tanam 1.000 Pohon di Pantai Enggano

Mahasiswa UNIB yang tengah mengadakan kuliah kerja nyata di Pulau Enggano bersama warga mengelar aksi tanam pohon/foto MS Firman

BENGKULU UTARA, sahabatrakyat.com– Pemerintah Desa Ka’ana, Kecamatan Enggano, Kabupaten Bengkulu Utara bersama mahasiswa Universitas Bengkulu yang tengah melaksanakan kuliah kerja nyata menggelar aksi tanam 1.000 pohon.

Kepala Desa Ka’ana Alamudin Kauno mengatakan, kegiatan itu bertujuan menghijaukan pantai Desa Ka’ana agar bisa menahan ancaman abrasi.

“Selain itu aksi reboisasi ini salah satu jalan menyalamatkan bumi,” jelasnya. Kegiatan tersebut akan diprioritaskan pada daerah pantai yang memiliki ancaman dari bencana yang datang dari laut.

“Bibit pohon ketapang yang kita tanam sebanyak 1.000 batang di pantai Kikuba dan pantai Sawang Bengkok,” sebut Alamudin.

Warga Desa Ka’ana saat menanam bibit pohon/MS Firman

Dikatakan Alamudin, kini jumlah luasan hutan sebagai penyangga berbagai ancaman bencana yang datang dari laut itu sangat minim dan perlu perhatian semua pihak untuk direhabilitasi (perbaikan) sehingga dapat meminimalisir resiko dari ancaman bencana tersebut.

Menurut dia, jenis pohon itu sangat cocok ditanam untuk penghijauan pantai di desa itu. Ia menjelaskan, jika tumbuh dan besar, pohon-pohon itu akan dapat menjadi pohon pelindung dari terik matahari bagi pengunjung yang ingin menikmati keindahan pantai itu.

“Saya mengimbau seluruh elemen masyarakat agar turut serta melakukan gerakan penghijauan pantai itu dan dapat menjaga pohon yang telah ada sehingga tetap lestari karena manfaat hutan tersebut sangat besar bagi kehidupan masyarakat itu sendiri,” tutup Alamudin.

________________

Penulis: MS FIRMAN

Editor: JEAN FREIRE

Komentar Anda
iklan kibar

Related posts