LEBONG, sahabatrakyat.com- Kementerian Agama (Kemenag) Wilayah Lebong menggelar bimbingan teknis Aplikasi Sistem Informasi Elektronik Aparatur (SIEKA) untuk meningkatkan kinerja 104 ASN-nya, Rabu (24/7/2019).
Bimtek yang dipusatkan di Aula Kemenag Lebong itu dihadiri 60 orang ASN yang diikuti perwakilan dari 6 sekolah madrasah negeri dan 8 madarasah swasta, 12 Kantor Urusan Agama (KUA) dan perwakilan Kantor Kemenag sendiri.
Kepala Kemenag Lebong, Mansyahri,S.Ag, M.H.I melalui Ketua Panitia Pelaksana Bimbingan SIEKA, Suandi mengatakan, aplikasi SIEKA pertama kali digunakan pada tahun 2018. Namun belum banyak yang bisa menggunakannya lantaran belum pernah difasilitasi pelatihan.
“(Jadi) aplikasi ini sudah masuk tahun kedua. Untuk tahun pertama belum ada sosialisasi,” ujar Suandi di ruang kerjanya.
Dari pelatihan bimbingan SIEKA yang digelar pertama kali di tahun ini, sampai Suandi, maka peningkatan kinerja ASN di wilayah Kemenag dapat terkontrol dengan baik oleh para penilai kinerja (atasan) serta mampu meningkatkan sumber daya aparatur.
Untuk ASN yang ikut, sampainya, diharapkan setelah kembali di kantor masing-masing dapat membantu mensosialisasikannya kepada rekan yang lainnya secara langsung atau pun tidak.
“Sanksi bagi ASN yang tidak membuat Sasaran Kinerja Pegawai (SKP) akan dikenakan sanksi dari atasannya. Mulai ringan hingga berat,” katanya.


Laporan: Aka Budiman