previous arrow
next arrow
Slider

Pilgub Bengkulu, 6 Kepala Daerah Bakal Bertarung?

BENGKULU, sahabatrakyat.com– Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Bengkulu Tahun 2020 tampaknya tak bakal mengulang Pilgub 2015 lalu dimana mereka yang bertarung hanya dua pasangan alias head to head, yaitu Ridwan Mukti- Rohidin Mersyah versus Sultan Najamudin-Mujiono. Peta politik tahun depan akan sangat dimungkinkan ada lebih dua pasangan calon yang bakal bersaing merebut jabatan gubernur dan wakil gubernur Bengkulu 2020-2025.

Dari sejumlah perbincangan dan analisa para pemerhati politik di Bengkulu menyebut setidaknya ada tujuh nama yang digadang-gadang menjadi bakal calon gubernur. Mereka adalah orang-orang berpengaruh dan punya modal basis masing-masing. Tak cuma basis suara, basis kapital pun mereka punya.

Dari tujuh kandidat yang digadang-gadang, enam di antaranya adalah kepala daerah incumben: para bupati dan walikota serta gubernur. Sementara seorang lagi mantan gubernur, dan seorang bupati di provinsi tetangga.

Mereka adalah Rohidin Mersyah (gubernur incumbent), Rosjonsyah (bupati Lebong), Ferry Ramli (Bupati Benteng), Ahmad Hijazi (Bupati Rejang Lebong), Helmi Hasan (Wali Kota Bengkulu), Agusrin M Najamudin (mantan gubernur), dan Dodi Reza Alex Noerdin (bupati Muba, Sumsel).

Pengamat politik Universitas Bengkulu Panji Suminar mengatakan, persaingan pilgub 2020 akan berlangsung sengit. Itu lantaran para kandidat adalah bupati atau walikota yang sudah dua kali menjabat dan mau naik kelas.

Seperti dilansir Harian Rakyat Bengkulu, edisi Rabu (15/5/2019), setidaknya ada dua nama yang dia perkirakan punya peluang atau kans dan elektabilitas yang tinggal dikelola. Mereka adalah Rosjonsyah dan Ferry Ramli. Keduanya sama-sama bupati dua periode di kabupaten masing-masing.

Sementara itu jika melihat kekuatan partai di DPRD Provinsi Bengkulu, jumlah koalisi diperkirakan paling banyak empat. Itu artinya bakal ada empat pasangan calon. Atau setidaknya tiga paslon dengan catatan tak ada yang melakukan aksi borong partai seperti Pilgub lalu.

Masih dilansir Harian Rakyat Bengkulu, Anggota KPU Provinsi Bengkulu Darlinsyah mengatakan, Pilkada serentak bakal dimulai tahapannya per September atau Oktober mendatang. Pilkada serentak artinya selain Pilgub ada juga Pilbup selain di Bengkulu Tengah dan Kota Bengkulu.


Penulis: Jean Freire

Komentar Anda
iklan kibar

Related posts