Ratusan Pilar Sosial Apel Siaga Bencana

Apel Kesiapsiagaan Bencana Pilar Sosial Bengkulu Utara/Foto: sahabatrakyat.com/MS Firman

BENGKULU UTARA, sahabatrakyat.com- Pilar-pilar sosial Kabupaten Bengkulu Utara melaksanakan apel kesiapsiagaan bencana di Desa Sido Mukti, Kecamatan Padang Jaya, Kabupaten Bengkulu Utara.

Ratusan pilar Dinas Sosial tersebut terdiri dari Taruna Siaga Bencana (Tagana), Pekerja Sosial Masyarakat (PSM), Pekerja Sosial (Peksos), Pendamping Keluarga Harapan (PKH), Tenaga Kerja Sosial Kecamatan (TKSK), Tenaga Kesejahteraan Sosial Penyandang Disabilitas (TKS-PD), Karang Taruna (KT), para siswa-siswi Pramuka setempat dan karyawan di lingkungan Dinas Sosial Kabupaten Bengkulu Utara.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Bengkulu Utara Suwanto, SH mengatakan pertemuan tersebut bertujuan menjalin silaturahmi sesama pilar sosial yang tergabung dengan Dinas Sosial Kabupaten Bengkulu Utara.

“Disamping silaturahmi bersama pilar-pilar sosial, juga diadakan pelatihan mendirikan tenda keluarga,” jelas Suwanto saat dibincangi sahabatrakyat.com usai apel kesiapsiagaan bencana.

Tidak bisa dipungkiri, kata Suwanto, secara geografis, geologis, hidrologis, dan demografis wilayah Provinsi Bengkulu memiliki kerawanan atau potensi bencana sangat tinggi.

“Kita sebagai pilar-pilar sosial mengambil inisiatif apabila bencana terjadi dengan segala kesiapsiagaan bencana, sehingga perlu penanganan secara tepat dan terkoordinasi,” kata dia.

“Ke depan kita akan upayakan, dalam menghadapi bencana dibutuhkan sikap, pemikiran, dan perilaku. Upaya mitigasi menjadi elemen penting sebagai bentuk tangguh menghadapi potensi bencana, yang sifatnya penanganan tanggap darurat kita pilar-pilar sosial akan memaksimalkan ilmu-ilmu tanggap darurat bencana,” paparnya.

Ditambahkan Suwanto, berkaitan dengan penanggulangan PMKS intinya dari yang belum sejahtera menjadi sejahtera yang menjadi tugas dan kewajiban kita pilar-pilar sosial tetap diutamakan dalam melakukan pelayanan dan tugas-tugas di lapangan.

Apel kesiapsiagaan bencana ini merupakan yang ketiga kalinya di tahun 2019. Kali ini digelar sebagai merupakan bagian rangkaian bhakti sosial Bupati Bengkulu Utara yang telah berjalan di tujuh kecamatan.


Pewarta: MS Firman