Salurkan Bantuan Alat Pertanian, Bupati Mian Minta Peningkatan Produksi

Bupati BU Ir H Mian menyerahkan bantuan alat pasca panen/Foto: sahabatrakyat.com-MS Firman

BENGKULU UTARA, sahabatrakyat.com- Pemerintah Daerah Kabupaten Bengkulu Utara melalui Dinas Pertanian menyalurkan bantuan alat pertanian pasca panen kepada kelompok tani di Kabupaten Bengkulu Utara.

Bantuan berupa 8 unit power thresher dan 8 unit corn sheller diserahkan langsung oleh Bupati Bengkulu Utara Ir H Mian kepada 16 kelompok, baru-baru ini (24/10/2019).

“Ini untuk mendukung peningkatan produksi pertanian, meningkatkan penghasilan petani dan menurunkan biaya produksi,” jelas Bupati BU Ir H Mian kepada sahabatrakyat.com.

Bupati mengingatkan agar penerima bantuan memanfaatkan alat itu secara bergilir. Dan yang tak kalah penting adalah merawatnya agar bisa digunakan dengan baik dan berkesinambungan.

Sebab, lanjut Bupati, kelompok yang sudah mendapatkan bantuan tahun ini, bisa jadi baru dapat 4-5 tahun lagi. Sebab bantuan serupa juga harus diberikan kepada kelompok yang lain.

“Jadi jangan sampai ini sebelum gantian, yang ini sudah rusak posisinya. Ini yang harus diperhatikan.

Lantas bagaimana agar berkepanjangan, bagus dan bisa digunakan? Manakalah kita sudah panen diperhatikan perawatannya. Ini aset yang harus dirawat dan harus dijaga,” katanya.

Lebih jauh Bupati Mian juga meminta Dinas Pertanian bisa mengawal programnya dengan baik. “Sudah banyak bantuan disalurkan. Jangan sampai produksi pangan kita linier-linier saja,” pesan Mian.

“Ini program yang ada umpan balik, dengan adanya ini, penghasilan petani meningkat, kemudian produksi meningkat, biaya produksi bisa diturunkan, jangan sampai sudah usahakan diberi bantuan tetapi hasilnya sama saja.”

“Semua ini wujud kepedulian pemerintah untuk kemajuan petani di Bengkulu Utara, jadi gunakan alat-alat itu dengan baik,” tandasnya.


Pewarta: MS Firman