Sambut HUT Ke-74 RI, Karang Taruna Rama Agung Berinovasi

Pengunjung di salah satu spot selfie/Foto: sahabatrakyat.com/MS. Firman
Pengunjung di salah satu spot selfie/Foto: sahabatrakyat.com/MS. Firman

BENGKULU UTARA, sahabatrakyat.com- Ada yang berbeda dalam menyambut hari ulang tahun ke- 74 Republik Indonesia di Desa Rama Agung, Kecamatan Kota Arga Makmur, Bengkulu Utara, yakni kreativitas Karang Taruna setempat yang membangum sejumlah spot foto selfie.

Dengan tema kerukunan umat beragama, anak-anak muda Desa Rama Agung bersama-sama berswadaya memanfaatkan bahan seadanya yang mudah didapat membangun tempat-tempat selfi di desa mereka.

Kepala Desa Rama Agung, Putu Suriade, mengatakan kreasi dan inovasi anak muda desa itu murni inisiatif mereka tanpa meminta bantuan dana sedikit pun.

“Karena desa ini adalah desa kerukunan umat beragama, maka ini adalah taman kerukunan,” ujar Kades saat dibincangi sahabatrakyat.com di taman selfi, baru-baru ini.

Desa Rama Agung adalah desa percontohan kerukunan umat beragama karena berbagai agama yang ada di Indonesia bercampur, berbaur di sini. Ada Islam, Kristen, Hindu dan Buddha yang bersama-sama membangun dan tetap saling menghargai agama masing masing.

“Ini melambangkan beberapa suku, agama yang selalu akur damai,” sambung Kades Suriade.

Ia berharap ini lah ajang tempat berkumpulnya anak muda. Dengan adanya tempat berkumpul seperti ini menjadi bukti nyata sebuah kerukunan umat beragama.

“Ke depan kita berharap desa ini akan menjadi desa wisata religi, meski berbeda suku, agama tetapi kita bisa tetap bersatu dalam membangun menjaga keutuhan NKRI, menghargai para pejuang-pejuang kita terdahulu yang bersusah payah memerdekakan Republik Indonesia tercinta ini,” tandasnya.

Sementara itu Ketua Karang Taruna Desa Rama Agung, Yonas Wahyudi mengatakan, “Kita membuat sesuatu yang beda di Hari Ulang Tahun ke-74 Republik Indonesia ini, dengan memanfaatkan bahan-bahan yang ada dan mudah kita dapat di sekitar lingkungan tempat tinggal.”

“Sekarang lagi jamannya kekinian, baik anak-anak, remaja dan orang tua sekalipun, jadi kami karang taruna membuat taman tempat foto selfie. Apalagi Desa Rama Agung dinobatkan menjadi desa kerukunan umat beragama, walaupun beragam umat agama tetapi kita disini bersatu dibawah Bhineka Tunggal Ika,” tutup Yonas.


Laporan: Agus Hariyanto