Seminar Nasional Pemuda Muhammadiyah, Staf Ahli Bupati: BU Adalah Miniatur Indonesia

Seminra Nasional Pemuda Muhammadiyah
Seminar Nasional Pemuda Muhammadiyah dibuka resmi Staf Ahli Bupati/

BENGKULU UTARA– Bengkulu Utara adalah salah satu contoh miniaturnya Indonesia yang bercirikan keberagaman. Baik suku, agama, budaya, ras, maupun lainnya. Bahkan ciri plularisme di Desa Rama Agung, Kecamatan Kota Arga Makmur telah menjadi percontohan nasional.

Hal itu disampaikan Bupati Bengkulu Utara melalui Staf Ahli Bupati Drs. Kiman Nazardi, MM dalam sambutannya sebelum membuka resmi Seminar Nasional Pemuda Muhammadiyah bertema “Memposisikan Pancasila dalam Konteks Ke-Islaman dan Ke-Indonesiaan” di Balai Pertemuan Ratu Samban, Kota Arga Makmur, Senin (11/3/2019).

Sambutan Staf Ahli Bupati sekaligus membuka acara seminar nasional/

Kiman mengatakan, konteks relasi agama dan negara di Indonesia telah melewati aneka masa, beragam generasi, dan bermacam ragam rezim politik negara. Mulai dari masa pergerakan nasional dan perjuangan kemerdekaan di era penjajahan, Orde Lama, Orde Baru hingga Orde Reformasi.

Hasil akhir dan keputusan final dari perdebatan panjang di negeri ini adalah disepakatinya bentuk Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), dengan pertimbangan pluralisme agama, ras, etnis dan kultur yang dibingkai dalam Bhinneka Tunggal Ika.

Staf Ahli Bupati Foto bersama narasumber

“NKRI dengan Pancasila sebagai dasar negara telah menjadi pemandu bagi sejarah panjang perjalanan bangsa Indonesia, dalam proses sosial, ekonomi, agama, budaya dan politik,” ujar Kiman.

Diakhir sambutannya Staf Ahli Bupati berharap Seminar Nasional Pemuda Muhammadiyah itu dapat membawa manfaat yang lebih besar, serta membawa ke arah lebih baik, dalam membangun dan mengembangkan potensi daerah.

Prosesi penyambutan tamu oleh Tapak Suci

“Semoga menjadi berkah, baik bagi Kabupaten Bengkulu Utara beserta seluruh tokoh dan masyarakat, maupun bagi Pemuda Muhammadiyah beserta seluruh jajaran pengurus dan para anggotanya,” tutup Kiman.

Seminar Nasional itu menghadirkan pemateri antara lain: Dr. Siti Ruhaini Dzuhayatin, MA (staf khusus Presiden Bidang Keagamaan Internasional); Ihsan Jauhari, SE, M.Si, Sekretaris Kehutanan dan Lingkungan Hidup PP Pemuda Muhammadiyah; dan Andaru Pranata, SE, Ketua SANS Bengkulu Utara.

Tampak hadir Staf Ahli Gubernur Bengkulu, para Asisten, Kepala OPD, Kepala Bagian Setda Bengkulu Utara, Ormas, Tokoh Masyarkat, Tokoh pemuda, Mahasiswa/Mahasiwi, dan Pelajar. (MS. Firman/ADV).