Sensus Penduduk 2020, Kolaborasi Mewujudkan Satu Data Kependudukan

BENGKULU, sahabatrakyat.com Guna memantapkan dan menyatukan langkah bersama untuk mensukseskan Sensus Penduduk 2020, Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Bengkulu menggelar Rapat Teknis Pimpinan BPS se- Provinsi Bengkulu, Senin (09/12/2019) di Hotel kawasan Pantai Panjang Bengkulu.
Rapat Teknis yang diikuti peserta dari BPS Provinsi, Kabupaten dan Kota Bengkulu ini menghadirkan narasumber dari Sekretariat SP2020 BPS RI, Kepala Ombusdman Bengkulu, Kepala Taspen Bengkulu serta Kanwil DJPBN Bengkulu.
Dengan mengangkat tema “Sensus Penduduk 2020: Kolaborasi Mewujudkan Satu Data Kependudukkan”, Rapat Tekhnis ini dibuka langsung oleh Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah.
Dalam sambutannya, Gubernur Rohidin mengatakan, kebutuhan data penduduk sangatlah krusial bagi seluruh pemerintah daerah. Bahwa data itu menjadi basis yang sangat penting saat mengambil sebuah kebijakan.

Rapat Teknis Pimpinan BPS se- Provinsi Bengkulu, Senin (09/12/2019)

“Satu data kependudukkan menjadi hal yang sangat penting, karena semua kegiatan pembangunan juga berbasis dengan data-data kependudukan tersebut,” sampai Gubernur Rohidin.
Dengan tema kolaborasi mewujudkan satu data kependudukan, menurut Rohidin, sangat selaras dengan era melineal saat ini. Karena, walaupun kolaborasi dengan sesuatu yang kecilpun akan menghasilkan kekuatan baru yang dahsyat.
“Sumber daya sekarang tersebar dimana-mana, tidak harus kita miliki secara keseluruhan tapi kuncinya adalah kolaborasi,” tegasnya.
Dengan pola kolaborasi berupa sinergi dari seluruh instansi baik pemerintah daerah maupun instansi vertikal yang ada di Provinsi Bengkulu, ujarnya, dapat menimbulkan kinerja yang produktif di instansi masing-masing yang berguna untuk sama-sama membangun Provinsi Bengkulu ini.


Editor: Jean Freire