previous arrow
next arrow
Slider

Sikapi Pemilu 2019, IMM Bakal Orasi Bebas di Simpang Lima

Suasana rapat koordinasi IMM/Foto: Yopi

KOTA BENGKULU, sahabatrakyat.com- Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Kota Bengkulu akan menggelar aksi unjuk rasa menyikapi Pemilu 2019. Aksi demo yang diisi dengan orasi bebas itu rencananya dilaksanakan pada Jumat (24/5/2019) di Simpang Lima, Kota Bengkulu.

Ketua Umum PC IMM Kota Bengkulu Jaka Dernata kepada sahabatrakyat.com mengatakan, rencana aksi itu merupakan salah satu hasil keputusan rapat lintas kepengurusan IMM yang berlangsung selama dua hari, Senin-Selasa (20-21 Mei 2019) di Sekretariat PC IMM Kota Bengkulu.

Jaka menyebut, rapat koordinasi juga menghasilkan enam butir pernyataan sikap IMM terkait situasi dan dinamikan politik mutakhir. IMM menyerukan:

  1. Selesaikan pemilu secara konstitusional,damai,adil dan beradab;
  2. Stop pembungkaman demokrasi penyalahgunaan kekuasaan;
  3. Lakukan otopsi terhadap pemilu yang gugur dalam tugas dan segera bentuk tim pencari fakta atas isu kecurangan pemilu 2019 yang beredar luas di masyarakat;
  4. Meminta penyelenggara pemilu, Polri-TNI dan seluruh instansi bernegara untuk menjaga profesionalitas dan netralitas dalam mengawal proses pemilu hingga tuntas;
  5. IMM memandang Indonesia sebagai darul ahdi wa syahada;
  6. Menghimbau dan mengajak masyarakat Bengkulu untuk tidak terprovokasi dengan situasi politik kebangsaan yang memanas.

Sementara Koordinator Lapangan Aksi Abdullah menilai kondisi bangsa saat ini sedang tidak baik, ada konflik para elit pasca Pemilu yang membuat perpecahan di antara masyarakat.

“Maka IMM menyikapi persoalan bangsa pada hari ini atas dasar untuk tetap menjaga keutuhan bangsa ini. Dan IMM ingin mengajak kepada seluruh elemen masyarakat untuk tidak mudah terprovokasi,” imbau Abdullah.

Abdullah mengingatkan, “Kita harus menjaga keutuhan bangsa ini, jika benar ada indikasi kecurangan pada Pemilu ini maka harus diselesaikan secara konstitusional.”

Kepala Bidang Hikmah DPD IMM Bengkulu Afri Chaniago menandaskan, aksi IMM nanti merupakan aspirasi murni dari masyarakat dan IMM. Bukan karena memihak golongan tertentu dan untuk menjawab dan mencari jawaban problematika yang saat ini terjadi pada bangsa dan negara ini.


Penulis: Yopi Rivaldo

Komentar Anda
iklan kibar

Related posts