Tahapan Pilkada 2020, KPU Provinsi Bengkulu Tunggu PKPU

Ketua KPU Provinsi Bengkulu Irwan Saputra saat memberikan keterangam pers/Gambar: Yopy-sahabatrakyat.com
Ketua KPU Provinsi Bengkulu Irwan Saputra saat memberikan keterangam pers/Gambar: Yopy-sahabatrakyat.com

BENGKULU, sahabatrakyat.com-Kendati sudah diwacanakan per September 2019, KPU Provinsi Bengkulu masih menunggu regulasi berupa Peraturan KPU (PKPU) terkait tahapan pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah 2020. Saat ini PKPU yang ditunggu itu masih berupa draf yang sudah dikonsultasikan dengan DPR.

Ketua KPU Provinsi Bengkulu Irwan Saputra mengatakan draf PKPU itu tinggal dibawa dalam pleno lalu masuk dalam tahap uji publik sebelum diundangkan.

“Tinggal sekarang draft itu diserahkan ke KemenHum dan HAM untuk penomoran dan pengagendaan dalam dokumen negara. Jadi tinggal menunggu proses itu jadi sebelum itu disahkan tentang tahapan pemilihan 2020,” ujarnya pada Jumat (9/8/2019) di Bengkulu.

Seperti diketahui, di Provinsi Bengkulu sendiri tahun depan bakal berlangsung Pilkada kabupaten dan provinsi, kecuali Bengkulu Tengah dan Kota Bengkulu.

Irwan menambahkan, untuk melaksanakan agenda tersebut KPU Provinsi sudah berkoordinasi dengan Pemprov menyangkut anggaran yang akan diplot dari APBD.

“Sebagai pedoman awal sudah kami sampaikan. Gambarannya sekitar Rp 113 milyar dengan merujuk regulasi lama. Jadi dengan regulasi baru nanti bisa saja berubah. Bisa tambah atau berkurang,” tandas Irwan.


Laporan: Yopy Rivaldo