Tahun Anggaran 2020, Pemerintah Desa Didorong Realisasikan Komitmen Inovasi

Tim Pendamp

LEBONG, sahabatrakyat.com- Di tahun anggaran 2020, pemerintah desa dalam Kecamatan Amen, Kabupaten Lebong akan merealisasikan komitmen inovasi yang sudah dituangkan saat gelaran bursa inovasi desa.

Komitmen itu disepakati bersama dalam rapat koordinasi pembahasan bursa inovasi desa di Sekretariat PAUD Desa Talang Bunut.

Acara itu dihadiri pemerintah desa dalam Kecamatan Amen, Tenaga Ahli Pendamping Desa Kabupaten Lebong, pendamping wilayah Provinsi Bengkulu dan anggota BID Kecamatan Amen.

Tenaga Ahli Bidang Teknologi Tepat Guna kabupaten Lebong, Supriatna mengungkapkan, program inovasi pembangunan desa merupakan salah satu upaya penyempurnaan program desa yang sudah ada dengan melihat pemetaan potensi dari pembangunan fisik maupun non fisik.

Program inovasi itu, lanjutnya, dibagi menjadi bursa infrastruktur untuk pengembangan pemanfaatan dari banganan yang sudah ada; bursa kewirausahaan untuk pengembangan kewirausahaan yang sudah ada; dan bursa sumber daya manusia untuk realisasi keilmuan yang ada pada masyarakat.

“Kita minta komitmen program inovasi desa yang diusulkan agar diusahakan untuk benar-benar dilakukan. Paling tidak satu program,” ujarnya.

Untuk saat ini, kata Supri, pemerintah desa di Kabupaten Lebong masih dalam tahap perbaikan pemahaman bahwa penggunaan dana desa adalah untuk pembangunan pemberdayaan, sementara infrastruktur merupakan penunjang pembangunan pemberdayaan.

“Dengan memaksimalkan pembangunan melalui program inovasi, diharapkan desa dapat mendorong kesejahteraan masyarakat secara maksimal,” tuturnya.

Pendamping Wilayah Provinsi Bengkulu, Fahmi menyampaikan, pihaknya akan selalu mengawasi pelaksanaan program inovasi desa di Kabupaten Lebong nantinya. Bahkan koordinasi ke Kementerian Desa juga siap difasilitasi.

“Dan tentu pengawasan dan koordinasi terus kita lakukan,” ujarnya.


Laporan: Aka Budiman dan Sumitra Naibaho