Tahun Ini Lelang di Pemda BU Pakai e-Auction

Sosialisasi Lelang secara intenet dan simulasi e-Auction Pemkab Bengkulu Utara/MS Firman

BENGKULU UTARA, sahabatrakyat.com– Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bengkulu Utara melalui Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) bekerjasama dengan Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Bengkulu menggelar Sosialisasi dan Simulasi Lelang e-Auction,  bertempat di Ruang Pola Setdakab Bengkulu Utara, Kamis (18/1/2018).
Selain satuan kerja di lingkungan Pemkab Bengkulu Utara, sosialisasi juga ditujukan kepada seluruh elemen dan masyarakat umum sebab materi sosialisasi itu merupakan hal baru dan perdana di lingkungan Pemkab BU.
“Proses lelang secara online ini bagi kita adalah hal yang perdana. Tentu ini untuk menjawab tantangan selama ini,” ungkap Sekda Bengkulu Utara, Drs. Haryadi, S.Pd, MM, M.Si.
Ia mengatakan, proses lelang dilaksanakan secara manual dan saat ini pihaknya melakukan sistem pelelangan aset daerah melalui internet guna meminimalisir kemungkinan kecurangan dan sebagainya.
“Karena ini langsung melalui internet tidak ada yang bisa melakukan intervensi-intervensi,” kata Haryadi.
Sementara itu, Kepala BPKAD BU, H Kisro Zanito mengatakan, sosialisasi ini sebagai salah satu inovasi dalam pelayanan lelang agar transparan.
“Ini sejalan dengan harapan Menteri Keuangan yang menginginkan pelaksanaan lelang tahun 2018 wajib 100 % sudah melalui e-Auction,” kata Kisro.
“Dengan diselenggarakan sosialisasi ini, diharapkan ada manfaat bagi masyarakat untuk mempermudah para stakeholder menggunakan e-Auction,” tutup dia.


Penulis: MS Firman
Editor: Jean Freire