previous arrow
next arrow
Slider

Tak Hiraukan Peringatan, Panwaslu Segel Baliho Caleg

Petugas saat melakukan penyegelan APK yang tidak memiliki izin/MS Firman

BENGKULU UTARA, sahabatrakyat.com– Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan Kota Arga Makmur mengambil sikap tegas terhadap alat peraga kampanye yang dipasang tak sesuai aturan. Pada Senin (11/2/2019), Panwaslu Kota Arga Makmur menyegel sedikitnya 50 APK Caleg karena dipasang di wilayah privat atau milik pribadi tanpa persetujuan pemilik lokasi/lahan.

Anggota Panwaslu Kota Arga Makmur Juni Libra mengatakan, APK yang disegel berupa baliho itu dinilai melanggar SK KPU Bengkulu Utara Nomor 65 dan 66 yang antara lain mengatur bahwa pemasangan APK di lahan pribadi harus mendapat izin atau persetujuan tertulis pemilik lokasi.

“Kalau mekanisme yang diacu atau alat kerja kami sendiri adalah surat edaran Bawaslu Nomor 1990,” jelasnya. SE Nomor 1990 yang dimaksud adalah tentang metode pengawasan kampanye Pemilu 2019.

Juni menjelaskan, sebelum disegel sebelumnya telah dilayangkan surat peringatan kepada masing-masing partai politik yang terkait. Namun hingga tenggat waktu yang ditentukan, baliho tak kunjung ditertibkan.

“Caleg partai politik sudah tahu. Seminggu yang lalu mereka sudah diundang dan sudah disosialisasikan agar memperbaiki APK yang tidak sesuai. Hari ini deadline kami tapi tidak ada perubahan. Kami melihat tidak ada itikad baik lah dari partai,” kata Juni.


 

Penulis: MS FIRMAN

Editor: Jean Freire

Komentar Anda
iklan kibar

Related posts