Iklan Kemendes

Tingkatkan Kapasitas, TPID Gelar Pelatihan

BENGKULU UTARA, sahabatrakyat.com– Tim Pelaksanaan Inovasi Desa (TPID) Kecamatan Kota Arga Makmur, Kecamatan Air Besi, dan Kecamatan Tanjung Agung Palik menggelar pelatihan peningkatan kapasitas TPID, Selasa (6/11/2018).

Kegiatan yang digelar di aula Kecamatan Air Besi Dusun Curup itu akan berlangsung selama tiga hari, yakni 6-8 Nopember 2018.

Camat Air Besi Jon kenedi S.Sos yang membukan secara resmi pelatihan dalam sambutannya mengatakan, pelatihan itu dapat menambah kemampuan dan wawasan TPID dalam melaksanakan inovasi-inovasi di desa.

“Semoga ilmu yang diberikan dapat bermanfaat dengan baik dan akhirnya dapat diaplikasikan, dapat dilaksanakan dalam kegiatan TPID untuk menunjang peningkatan kesejahteraan masyarakat,” pesannya.

Tenaga Ahli Pemberdayaan Masyarakat Kabupaten Bengkulu Utara Bambang Fujo mengatakan, kegiatan peningkatan kapasitas yang diberikan kepada TPID ini sebagai persiapan sebelum mereka mengelola dana bantuan pemerintah Pengelolaan Pengetahuan Inovasi Desa (PPID).

Sebelum kegiatan ini, kata dia, sudah dilakukan orientasi awal kepada tim terkait langkah-langkah kerja yang harus difasilitasi.

“Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas anggota TPID, meliputi penguatan hak dan kewajiban, dan mekanisme kerja,” terang Bambang sapaan akrabnya saat ditemui di Aula Kecamatan Air Besi usai pembukaan.

Sementara itu, Ketua Panitia Pelatihan Peningkatan Kapasitas TPID Claster 1 Hermiliza, SE mengatakan, untuk peserta pelatihan claster 1 ini sebanyak 24 orang, masing-maaing 8 orang dari kecamatan Kota Arga Makmur, Air besi dan Tanjung agung Palik.

Ditambahkan Liza, hadirnya TPID di kecamatan-kecamatan diharapkan mampu meningkatkan perekonomian masyarakat desa.

Tim TPID juga diharapkan mampu menyelesaikan masalah atau memanfaatkan potensi desa. Dengan pengalaman yang dimiliki, diharapkan mampu mengaplikasikan secara berkelanjutan.

“Semoga dengan adanya tim TPID ini potensi desa yang ada di Kecamatan-Kecamatan dapat dimaksimalkan,” tutup Liza.


Penulis: MS Firman

Komentar Anda
iklan kibar

Related posts