Usai MUBES, Pemuda Pancasila Lebong Rancang Aksi Hijau

Rapat persiapan rencana kegiatan pembagian bibit oleh MPC Pemuda Pancasila Lebong di Desa Air Kopras/Foto: Istimewa

LEBONG, sahabatrakyat.com Usai menghadiri agenda nasional Musyawarah Besar dan peringatan HUT ke-60, Pemuda Pancasila Kabupaten Lebong kini tengah mempersiapkan agenda penghijauan.

Ketua Majelis Pimpinan Cabang (MPC) Pemuda Pancasila Lebong Novrita Rizky Pratama SIP mengatakan aksi hijau yang akan dilaksanakan itu adalah pembagian bibit bagi warga di dua desa di Kecamatan Pinang Belapis.

“Kami berencana membagikan bibit durian dan jengkol kepada 70 warga di Desa Air Kopras dan Ketenong. Bibit ini dari BPDAS atas usulan yang sudah kita sampaikan melalui proposal beberapa waktu lalu,” kata Rizky.

Rizky yang didampingi salah seorang pengurus, Mawardi, menambahkan, jumlah bibit yang akan dibagikan ke warga itu sebanyak 16 ribu batang atau masing-masing 8 ribu batang durian dan 8 ribu batang jengkol.

“Kalau tak ada kendala, kegiatan ini akan kita laksanakan di bulan November. Saat ini sedang dipersiapkan supaya terlaksana sesuai harapan,” kata Mawardi.

MUBES Pemuda Pancasila yang dibuka Presiden Joko Widodo

Evaluasi
Lebih jauh, Rizky mengakui Pemuda Pancasila Lebong perlu menata dan mengevaluasi kinerja dalam upaya menguatkan eksistensi organisasi di tengah-tengah masyarakat.

Hal itu, kata dia, memang menjadi salah satu tugas yang ditekankan saat Mubes yang berlangsung di Jakarta pada 25-28 Oktober 2019, dimana MPC Lebong juga turut hadir.

Setidaknya, lanjut Rizky, ada tiga hal pokok yang ditekankan Ketua Umum Pemuda Pancasila KPH H. Japto Soerjosoemarno, SH–yang kembali terpilih secara aklamasi dalam Mubes yang dibuka langsung oleh Presiden Joko Widodo dan dihadiri sejumlah tokoh nasional seperti Surya Paloh, Bambang Soesatyo, dan La Nyala M. Matalitti.

Tiga hal pokok itu adalah evaluasi kinerja, program 5 tahun ke depan, dan memilih pemimpin untuk menjalankan program 5 tahun tersebut, kata Rizky.

“PP Lebong akan mengevaluasi kinerjanya sebagai organisasi yang berada di tengah-tengah masyarakat,” tukasnya. “Pemuda Pancasila akan mendukung pemerintah dengan program pemberdayaan masyarakat, sehingga PP menjadi wadah yang benar-benar untuk masyarakat.”


Pewarta: Sumitra Naibaho