Delegasi Belanda Sambangi Pulau Baai

PULAU BAAI: Wagub Rohidin Mersyah bersama delegasi asal Belanda saat meninjau ke Pelabuhan Pulau Baai, Rabu (14/12/2016)/foto ist
PULAU BAAI: Wagub Rohidin Mersyah bersama delegasi asal Belanda saat meninjau ke Pelabuhan Pulau Baai, Rabu (14/12/2016)/foto ist

BENGKULU- Wakil Gubernur Bengkulu DR. H. Rohidin Mersyah bersama GM Pelindo Cabang Bengkulu Drajad Sulistio, menerima kunjungan Delegasi Kedutaan Belanda, Siebe Schuur dan Country Director Port of Rotterdam William Deden, bertempat di Kantor Pelindo Cabang Bengkulu Pelabuhan Pulau Baai, Rabu (14/12/2016).

Kunjungan delegasi dari Belanda itu guna meninjau serta melakukan penjajakan terhadap potensi Pelabuhan Pulau Baai, yang merupakan pelabuhan strategis karena berada di titik tengah pulau Sumatera. Belanda sendiri dengan pelabuhan Rotterdamnya terkenal piawai dalam mengatasi pendangkalan alur pelabuhan, dimana hal tersebut sangat menguntungkan jika diterapkan di Pelabuhan Pulau Baai yang sering terkendala dengan pendangkalan alur hingga menyulitkan kapal berukuran besar untuk bersandar.

“Bengkulu berbatasan dengan samudera yang berbatasan dengan negara lain, artinya pulau terluar ini akan menguntungkan ketika pelabuhan ini bisa dikembangkan dengan sarana – prasarana pendukung yang layak, selain itu juga bisa menjadi arus transportasi antar negara, ini juga memungkinkan Pelabuhan Pulau Baai dikembangkan sebagai pelabuhan besar,” jelas Wakil Gubernur.

Para delegasi diajak Wakil Gubernur bersama GM Pelindo untuk meninjau secara langsung alur Pelabuhan Pulau Baai dengan menggunakan Kapal Lanal Provinsi Bengkulu, dimana pada kunjungannya terlihat bahwa pendangkalan alur Pulau Baai tidaklah separah yang diberitakan, kegiatan pelabuhan sendiri tetap berlanjut bahkan sejak 1 November kegiatan Pulau Baai kini beroperasi 24 jam penuh, dibanding sebelumnya hanya 8 jam per hari.

Diungkapkan Wagub, terkoneksinya Bengkulu nantinya dengan provinsi–provinsi tetangga seperti Lampung, Jambi, Sumatera Barat dan Sumatera Selatan memungkinkan potensi sumber daya alam yang ada di sekitar wilayah Provinsi Bengkulu ini menjadi bahan material yang potensial untuk pemanfaatan dari pengembangan Pulau Baai, sehingga ke depan Pulau Baai ini akan sangat berpeluang untuk dikembangkan menjadi pelabuhan yang bertaraf nasional bahkan internasional.

“Terhadap kunjungan dari kedutaan besar Belanda dalam kesempatan ini kita sambut dengan baik dan kami ucapkan selamat datang, terimakasih atas kunjungannya nanti kita akan secra bersama – sama bagaimana potensi eksisting dan potensi pengembangan kedepan bahwa Pulau Baai ini merupakan salah satu potensi Pelabuhan yang sangat prestisius untuk pengembangan pelayaran khususnya di wilayah Barat Sumatera,” ungkap Wagub.

Hadir dalam kunjungan ini Danlanal Provinsi Bengkulu, Kadin Bengkulu, Kadishubkominfo, KSOP dan Pelindo cabang Bengkulu. (**)