HUT 71 Tahun Koperasi, Gotri: Koperasi Harus Naik Kelas

UMKM-Asisten III Setda Provinsi Bengkulu Gotri Suyanto saat membuka Gelar Bazar Produk Koperasi UKM.

BENGKULU – Pemerintah khususnya pemerintah Provinsi Bengkulu akan terus berkomitmen dalam bidang koperasi melalui berbagai kebijakan dan program.

Hal ini disampaikan Asisten III Setda Provinsi Bengkulu Gotri Suyanto saat membuka Gelar Bazar Produk Koperasi UKM Kabupaten/Kota Se-Provinsi Bengkulu dalam rangka Hari Koperasi Nasional ke 71 Tahun 2018, Selasa (24/7/2018).

Dijelaskan Gotri Suyanto bahwa pengembangan koperasi adalah bagaimana semua kebijakan dan program yang dilaksanakan disetiap level pemerintah difokuskan kepada pengembangan koperasi.

“Kita mengharapkan agar skala usaha koperasi ke depan dapat naik kelas dari skala skala mikro menjadi kecil, menegah dan besar,” jelas dia.

Memasyarakatkan koperasi sendiri merupakan upaya yang dilakukan pemerintah agar masyarakat luas memahami gagasan berkoperasi, sehingga masyarakat dengan penuh kesadaran mendirikan dan memanfaatkan koperasi untuk ekonomi dan sosialnya.

UMKM-penyerahan piagam kepada 10 koperasi terbaik

Gotri menambahkan, pemerintah kini lebih intensif menjalin hubungan antara pemerintah Provinsi, Kabupaten/Kota dan lembaga koperasi agar program – program koperasi dapat terkoordinasi untuk memajukan koperasi menjadi lebih sehat, kuat dan mandiri.

“Kita berharap akan terjadi sinergi positif antara gerakan koperasi dan pemerintah sehingga koperasi menjadi kuat mampu meningkatkan perannya dalam mendorong pertumbuhan dan pemerataan ekonomi nasional,” jelasnya.

Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Provinsi Bengkulu Muslih Z. mengungkapkan bahwa penguatan koperasi tidak bisa dilakukan oleh Dinas Koperasi sendiri oleh karena itu ia mengajak seluruh lapisan masyarakat dalam rangka untuk membangun koperasi kedepannya.

“Konsep ekonomi gotong – royong koperasi telah teruji baik secara nasional maupun internasional, pada krisis moneter beberapa tahun lalu yang bertahan adalah koperasi dan UKM,” ungkap Muslih Z.


Editor: Jean Freire