HUT Bengkulu ke-48, Gubernur Ajak Kepala-Kepala Daerah Bersinergi

Gubernur Bengkulu Ridwan Mukti, Wagub Rohidin Mersyah dan Anggota DPD RI Dapil Bengkulu foto bersama usai Upacara HUT Provinsi Bengkulu ke-48, Jumat (18/11/2016)/foto istimewa
Gubernur Bengkulu Ridwan Mukti, Wagub Rohidin Mersyah dan Anggota DPD RI Dapil Bengkulu foto bersama usai Upacara HUT Provinsi Bengkulu ke-48, Jumat (18/11/2016)/foto istimewa

BENGKULU, sahabatrakyat.com– Pada puncak peringatan HUT Provinsi Bengkulu ke-48, Gubernur Bengkulu Ridwan Mukti meminta kepada seluruh elemen masyarakat dan pemerintahan untuk bersinergi dalam membangun dan memajukan Bumi Rafflesia. Dengan momentum HUT Provinsi Bengkulu di tahun 2016 ini, seluruh lapisan masyarakat dan pemerintah daerah baik provinsi maupun kabupaten-kota diajak untuk mengangkat Bengkulu dari ketertinggalan dan kemiskinan yang telah terjadi sejak belasan tahun terakhir.

Menurut Gubernur Bengkulu Ridwan Mukti, untuk bersinergi dalam membangun daerah dan mensejahterakan masyarakat yang harus dilakukan antara pemda provinsi dan kabupaten-kota, salah satunya dengan mengurangi rivalisasi antar pemda. Dengan kata lain antara pemda kabupaten-kota dan provinsi harus saling mendukung program yang ada di pemda masing–masing, bukannya justru berjalan sendiri – sendiri seperti yang tampak terjadi selama ini.

Gubernur Bengkulu Ridwan Mukti saat memimpin upacara HUT Provinsi Bengkulu ke-48, Jumat (18/11/2016)/foto istimewa
Gubernur Bengkulu Ridwan Mukti saat memimpin upacara HUT Provinsi Bengkulu ke-48, Jumat (18/11/2016)/foto istimewa

“Kedepan kita harapkan kurangi kompetisi atau rivalisasi pemerintah kabupaten-kota dan provinsi, tapi kita lebih mengarah sinergitas. Jadi misalnya ada event yang dibuat oleh pemerintah kota, pemerintah provinsi dan kabupaten yang lain itu memperkuat event tersebut dan sebaliknya,” jelas Gubernur Bengkulu yang akrab disapa RM ini usai memimpin upacara Peringatan HUT Provinsi Bengkulu ke-48 di halaman Kantor Gubernur, Jum’at pagi (18/11).

Gubernur menambahkan, dengan saling mendukung dan memperkuat antar pemda kabupaten-kota dan provinsi, tentunya bisa menciptakan building image yang baik bagi Bengkulu di mata nasional bahkan internasional. Sehingga investasi ke Bengkulu semakin meningkat serta berujung kepada peningkatan ekonomi masyarakat.

“Dari invetasi itulah yang kita harapkan nanti mampu membuka lapangan pekerjaan, mampu mensejahterakan ekonomi masyarakat dan kemudian juga tentunya mampu juga mensetarakan Bengkulu dengan provinsi – provinsi lainnya,” tutup Gubernur RM.

Di sisi lain, Wakil Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah ketika diminta tanggapannya terkait HUT Provinsi Bengkulu ke-48 mengatakan, moment ini harus dijadikan semangat dan tekad kebersamaan dalam membangun Bengkulu kedepan.

“Apa yang dicita–citakan pendiri Provinsi Bengkulu 48 tahun yang lalu, itu harus kita wujudkan sebagai bentuk tanggung jawab generasi muda sekarang,” ungkap Wakil Gubernur yang dikenal sebagai salah seorang motivator handal ini.

Sementara itu, dalam rangkaian upacara HUT Provinsi Bengkulu ke-48 juga dilakukan penyerahan penghargaan kepada beberapa pihak yang dinilai telah berjasa dalam mendorong pembangunan Bengkulu. Diantaranya penyerahan penghargaan kepada pelaku usaha yang telah berkomitmen dan menerapkan program Smiling Bengkulu dan toilet bersih dalam mendukung Visit 2020 Wonderful Bengkulu.

Penulis: Rian, Media Center Pemprov Bengkulu

Editor: Jees