DPRD BU Siap Bahas Raperda Nomenklatur Daerah

BENGKULU UTARA, sahabatrakyat.com Usai mengesahkan Perda APBD 2020, DPRD Bengkulu Utara kini bersiap membahas Raperda tentang Nomenklatur Daerah. Bahkan jika berjalan dengan baik Raperda ini ditargetkan selesai dalam waktu dekat.
Agenda pembahasan Raperda Nomenklatur Daerah diawali Paripurna Penyampaian Nota Pengantar Raperda oleh Bupati BU yang diwakili oleh Wabup Arie Septia Adinata, SE, Senin (9/12/2019).

Rapat itu dipimpin Wakil Ketua I Juhaili, S.IP didampingi Wakil Ketua II Herliyanto, S.IP dan dihadiri Anggota DPRD BU, kepala OPD di lingkungan Pemkab BU.
Juhaili mengatakan, sesuai agenda Badan Musyawarah, Paripurna Kata Akhir Fraksi dijadwalkan pada tanggal 18 Desember mendatang.
Dalam Paripurna itu nanti, kata Juhaili, akan ditentukan apakah Raperda yang disampaikan Pemkab BU tersebut bisa disahkan menjadi Perda atau belum.
“Yang jelas kita langsung melakukan pembahasan. Nanti tergantung masing-masing fraksi,” terangnya.
Kata Juhaili, dalam proses pembahasan nanti yang paling penting adalah kerja sama dan sinergi kedua lembaga. Ia sangat berharap pejabat dan pimpinan OPD bisa hadir saat rapat dengar pendapat atau hearing.
“Karena memang bukan tak mungkin ada hal-hal yang ingin diperdalam dewan sehingga membutuhkan penjelasan dari OPD,” terangnya.
Ia memastikan dewan akan menyetujui pengesahan Raperda tersebut menjadi Perda jika Perda tersebut dinilai sudah lengkap dan sesuai dengan aturan. Termasuk jika OPD mampu menjelaskan apa yang menjadi pertanyaan DPRD.

“Dewan pada intinya sangat mendukung pembahasan sebagaimana menjadi fungsi legislasi. Asalkan memang Raperda tersebut sangat dibutuhkan dan memang sudah sesuai dengan aturan, tentunya sangat kita dukung,” pungkas Juhaili.
Wabup Arie menegaskan seluruh pejabat nantinya wajib hadir dalam hearing dengan DPRD dan menjawab apa yang menjadi pertanyaan dewan. Ia juga yakin dengan komitmen DPRD BU untuk bekerja sama melakukan pembangunan maka raperda tersebut akan segera disetujui untuk disahkan. (MS. Firman/adv)