previous arrow
next arrow
Slider

NasDem Masih Optimis Raih Suara Terbanyak

LEBONG, sahabatrakyat.com- Partai NasDem Kabupaten Lebong masih optimis bisa meraih suara terbanyak dalam Pemilu 2019, khususnya untuk DPRD Kabupaten Lebong. Pasalnya, dari hasil pencermatan NasDem, masih ditemukan ada sejumlah kesalahan atau kekeliruan dalam pencatatan hasil perhitungan suara yang dituangkan di formulir C1 dan ditayangkan KPU di portal Info Publik Pemilu 2019.

“Jadi meskipun proses entri data oleh KPU Lebong sudah 100 persen, itu bukan hasil final. Sebab yang mereka tampilkan atau input ke sistem perhitungan suara atau Situng itu belum terkoreksi. Informasi yang saya dapat, data yang disajikan itu sesuai data C1 berhologram yang diserahkan ke KPU dari TPS,” jelas salah satu tim pemenangan Partai NasDem Lebong, Rafik Sani, belum lama ini (23/4/2019).

Rafik mengungkapkan, jika berdasar data yang disajikan oleh KPU di portal www.pemilu2019.kpu.go.id memang jumlah suara NasDem kalah dengan raihan PAN. Namun berdasar pencermatan form C1 yang dihimpun dari para saksi, jumlah kekeliruan saat rekapitulasi di TPS masih memungkinkan NasDem kembali meraih suara terbanyak seperti Pemilu 2014.

“Jadi ini yang kami kawal dalam rapat pleno, baik di tingkat kecamatan mapun nanti di kabupaten. Sebab kami juga melihat temuan-temuan kekeliruan itu justru menguntungkan salah satu partai. Jadi ada temuan kami dimana suara partai tertentu malah nambah dengan kesalahan hitung itu,” ujar Rafik.

Rafik menegaskan, pihaknya akan mengkaji lebih lanjut. Jika temuan kekeliruan itu massif, maka tidak menutup kemungkinan ada upaya pihak tertentu yang mau main curang. Jika itu terbukti, kata Rafik, NasDem bakal membawa perkara itu ke Mahkamah Konstitusi.

“Kami tidak menuduh, ini baru dugaan. Tapi kalau indikasinya memang kuat, ada upaya untuk menggelembungkan suara partai atau calon tertentu, tentu NasDem tidak akan tinggal diam. Kami akan ambil langkah-langkah sesuai hukum dan ketentuan yang berlaku,” katanya.

Rafik Sani

Rafik memberi contoh. Di TPS 1 Desa Tik Teleu, Kecamatan Pelabai Kabupaten Lebong. Perolehan suara partai dan caleg di partai tertentu pada Formulir C1 jika dihitung cermat hanya berjumlah 14 (empat belas). Namun dihasil akhir malah tertulis 24 (dua puluh empat) suara.

Temuan lain, di TPS 3 Desa Gunung Alam, Kecamatan Pelabai, ada kelebihan 10 suara; di TPS 2 Desa Pelabuhan Talang Liak, Kecamatan Bingin Kuning, ada suara lebih 10 suara; di Desa Pungguk Pedaro, TPS 6 ada dilebihkan satu suara; di Desa Karang Anyar, Kecamatan Lebong Tengah, di TPS 1 dilebihkan 10 suara.

“Jadi dari salinan C1 saksi Partai NasDem di beberapa TPS dan desa, kami melihat dan menduga seperti ada indikasi penggelembungan suara untuk partai tertentu,” cetus Rafik.


Pewarta: Aka Budiman

 

Komentar Anda
iklan kibar

Related posts