Paripurna LKPj 2018, DPRD BU Sorot Capaian PAD

DPRD menerima dokumen LKPj dari eksekutif
Waka II DPRD BU saat menyerahkan rumusan rekomendasi ke Wabup BU

BENGKULU UTARA, sahabatrakyat.com– Capaian Pendapatan Asli Daerah (PAD) Bengkulu Utara dinilai masih rendah. Hal ini disampaikan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Bengkulu Utara saat membacakan Rekomendasi Laporan Keterangan Pertanggungjawaban Kepala Daerah Tahun 2018.

Legislatif menilai, rendahnya PAD ini dipicu lemahnya sistem pelayanan administrasi publik terhadap standar pelayanan yang masih belum transparan. Atas kondisi tersebut, parlemen merekomendasikan Bupati agar melakukan evaluasi strategi pencapaian PAD dalam rangka meningkatkan PAD dari pajak dan retribusi.

Selain itu, DPRD juga meminta agar eksekutif meninjau kembali perencanaan dan sumber daya yang ada dalam hal penagihan pajak dan retribusi.

“Kepada Saudara Bupati juga diminta untuk melakukan updating data informasi tentang potensi objek pajak dan retribusi daerah serta melakukan intensifikasi melalui pembenahan manajemen pemungutan dengan sistem informasi yang kredibel dan akuntabel,” kata Anggota DPRD Bengkulu Utara, Dedy Syafroni, Rabu (15/5/2019).

Rapat yang digelar di ruang sidang DPRD ini dipimpin Wakil Ketua II Agus Riyadi, dihadiri Wakil Bupati Bengkulu Utara, dan sejumlah kepala OPD. (MS. Firman/ADV)