previous arrow
next arrow
Slider

Setelah ‘Puasa’ 8 Tahun, Tahun 2018 Kota Bengkulu Capai Opini WTP

KOTA BENGKULU- Pemerintah Kota Bengkulu memenuhi sejumlah target realisasi atau serapan anggaran sebagaimana ditetapkan dalam APBD Kota Bengkulu Tahun Anggaran 2018. Bahkan opini wajar tanpa pengecualian dari BPK pun berhasil dicapai.

Hal itu disampaikan Wakil Wali Kota Bengkulu Dedy Wahyudi saat menyampaikan Nota Pengantar Laporan Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Kota Bengkulu TA 2018 dalam Sidang Paripurna DPRD Kota Bengkulu yang digelar pada Selasa (18/6/2019).

Sidang paripurna itu dipimpin langsung Ketua DPRD Kota Bengkulu, Baidari Citra Dewi didampingi Waka II DPRD Kota Bengkulu Teuku Zulkarnain dan dihadiri anggota DPRD Kota Bengkulu, serta pimpinan OPD di lingkungan Pemkot Bengkulu.

“Pelaksanaan dana APBD tahun 2018 di antaranya pendapatan anggaran sebesar Rp 1,15 triliun realisasi Rp 1,096 triliun atau 98 persen, Pendapatan Asli Daerah target Rp 192 miliar realisasi sebesar Rp 182 miliar atau 94,98 % dari target yang telah ditetapkan,” jelas Dedy.

Dari sisi belanja daerah, papar Dedy, dengan anggaran sebesar Rp 1,13 triliun realisasi sebesar Rp 1,035 triliun atau 93 persen. Lalu belanja operasional sebesar Rp 937 miliar dengan realisasi Rp 867 miliar atau 92 persen. Selanjutnya pendapatan transfer anggaran Rp 922 miliar realisasi sebesar Rp 913 miliar.

“Alhamdulillah hampir 8 tahun kita puasa tidak memperoleh opini WTP, di tahun 2018 laporan keuangan Pemkot Bengkulu memperoleh opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK Provinsi Bengkulu,” katanya.

“Yang terbaru Pemkot juga memperoleh dua penghargaan dari Dirjen Perbendaharaan Kemenkeu RI atas pengelolan keuangan daerah terbaik yang mengungguli Pemprov Bengkulu dan 9 kabupaten yang ada di Bengkulu,” lanjut Dedy Wahyudi.

Sementara itu, Ketua DPRD Kota Baidari Citra Dewi mengatakan, bahwa agenda rapat paripurna nantinya akan diagendakan tentang pandangan fraksi DPRD Kota.

“Paripurna selanjutnya pekan depan akan dilanjutkan dengan pandangan fraksi DPRD kota,” tutupnya. (adv)


 

Komentar Anda
iklan kibar

Related posts