Iklan Bupati HUT Lebong 1200 x 483

Menteri Jonan Resmikan BBM Satu Harga Pulau Enggano

Iklan HUT Lebong Purwanto 745 x 300 px
Peresmian lembaga penyalur program BBM 1 Harga SPBU Kompak 26.38301 pulau Enggano oleh menteri ESDM Ignasius Jonan

BENGKULU– Dalam rangka memberikan keadilan bagi masyarakat Indonesia yang berada di wilayah terpencil, terluar dan terjauh, Pemerintah Pusat memberlakukan Program BBM satu harga di Provinsi Bengkulu. Program ini ditetapkan di Kabupaten Bengkulu Utara, tepatnya di Kecamatan Enggano (Pulau Enggano).

Penetapan Program BBM Satu Harga Pulau Enggano ini diresmikan secara langsung oleh Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) RI Ignasius Jonan, yang ditandai dengan penandatanganan prasasti, di Ruang VIP Bandara Fatmawati Soekarno dan disaksikan Plt Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah, Kepala BPH Migas Fansurullah, Kepala Pertamina Ellia Massa Manik, Bupati Bengkulu Utara Mi’an, dan Kadis ESDM Provinsi Bengkulu Ahyan Endu, Jum’at (08/12/2017).

Dikatakan Menteri ESDM RI Ignasius Jonan, dari target Pemerintah Pusat atas Program BBM satu Harga hingga 2019 yaitu 154 titik, hingga saat ini telah diresmikan di 37 titik, termasuk SPBU Kompak 26.38301 Desa Malakoni, Kecamatan Enggano.

“Jadi per titik itu kurang lebih per kecamatan. Sekarang sekitar 117 kecamatan lagi yang harus diselesaikan sampai tahun 2019 mendatang. Peresmian lembaga penyalur BBM Satu Hanga di Pulau Enggano ini, juga berbarengan dengan peresmian SPBU Kompak di 3 Daerah Terluar lainnya,” jelas Ignasius Jonan.

Lanjut Menteri ESDM RI Ignasius Jonan, dipilihnya Pulau Enggano sebagai salah satu Program BBM Satu Harga, lantaran harga BBM di wilayah tersebut relatif lebih tinggi ketimbang wilayah perkotaan, karena tidak ada lembaga penyalur resmi. Selain itu, Pulau Enggano merupakan salah satu pulau terluar Indonesia.

“Enggano ini merupakan salah satu pulau terluar. Jadi kita memilih daerah yang terluar dan ini merupakan komitmen Pemerintah dalam melakukan pemerataan pembangunan,” pungkasnya.

Plt Gubernur Bengkulu menyambut baik terkait penetapan Program BBM Satu Harga di Pulau Enggano tersebut. Menurutnya, dengan adanya SPBU Kompak ini masyarakat Enggano akan lebih terjangkau memenuhi bahan bakar untuk keperluan sehari-hari.

“Pastinya ini disambut baik oleh masyarakat Pulau Enggano karena jelas membantu mereka memenuhi kebutuhan bahan bakar. Tentunya ini akan kita kawal secara bersama supaya betul-betul dinikmati oleh masyarakat kurang mampu,” terang Plt Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah.

Sementara itu, upaya Pemerintah pusat melalui Pertamina merealisasikan BBM satu harga di beberapa wilayah, sejalan dengan Peraturan Menteri ESDM No. 36 Tahun 2016, perihal percepatan Pemberlakuan Satu Harga Jenis BBM Tertentu (JBT) & Jenis BBM Khusus Penugasan (JBKP) secara nasional, yang diberlakukan sejak 1 Januari 2017.


Editor: Jean Freire

Sumber: Rilis Media Center, Humas Pemprov Bengkulu

Foto: Media Center, Humas Pemprov Bengkulu

Komentar Anda
iklan kibar

Related posts