Membangun Pulau Enggano dengan Wisata dan Budaya…

Batu Lobang, salah satu destinasi wisata di Pulau Enggano/Foto: firman-sahabatrakyat.com

BENGKULU UTARA, sahabatrakyat.com– Pulau Enggano kaya dengan potensi wisata dan budaya. Potensi wisata terutama adalah alam dan keanekaragaman ekosistem di sana, seperti mangrove, terumbu karang, padang lamun, pantai berpasir dan pula-pulau kecilnya.

Sementara dari sisi budaya, Enggano juga punya adat istiadat yang unik dan berbeda dengan daerah lainnya di Nusantara. Pulau Enggano juga sudah dikenal sebagai salah satu penghasil pisang kepok dan sejumlah komoditas perkebunan lainnya.

Ketua Asosiasi Desa Wisata Indonesia (ASIDEWI) Kabupaten Bengkulu Utara, Teti Herawati, S.Ikom mengakui keunikan di Pulai Enggano tak dimiliki pulau-pulau lain. Bahkan keindahan Pulau Enggan sangat unik dan istimewa sebagai destinasi wisata yang belum banyak dieksplor ke khalayak.

Teti menyebut di antara potensi wisata itu diantaranya Pantai Komang, Pantai Kaana, Pantai Malakoni, Pantai Ujung Batu, Bunker Jepang, Jalan Jepang, Taman Buru Gunung Nanu’a, Cagar Alam Sungai Bahewo, Danau Bak Blau, Pulau Dua, Pulau Merbau, Tebing Pakiu, Goa Pulau Enggano, dan Batu Lubang.

“Selain potensi wisata alam yang menjajikan, Pulau Enggano juga memiliki adat dan tradisi yang tak kalah menarik untuk diangkat. Salah satunya tarian dan pakaian adat khas Enggano,” sebut Teti.

Bersama Masyarakat Enggano dengan pakaian adatnya yang khas

Karena itu, Teti berharap kekayaan alam dan budaya di Pulau Enggano mendapat perhatian yang serius dan didukung semua pihak, terlebih dalam upaya pemulihan ekonomi masyarakat setempat.

“Ini tantangan bagi pemerintah dalam meningkatkan konektivitas dan transportasi yang memadai,” tutur Teti.

Raden Adi Prabowo, Ketua Aspirasi Masyarakat Indonesia Pusat, menuturkan, Aspirasi Masyarakat Indonesia bersama ASIDEWI Propinsi Bengkulu dan ASIDEWI Kabupaten Bengkulu Utara siap mensukseskan Pemulihan Ekonomi Nasional, termasuk di Pulau Enggano.

Adi mengatakan, saat ini pihaknya sedang dalam proses penyusunan program pengembangan pariwisata Pulau Enggano. Dalam rencana tersebut, pihaknya akan mengajukan program percepatan pembangunan yakni perbaikan terpadu infrastruktur pelabuhan Pulau Baai dan pelabuhan Kahyapu serta pelabuhan Malakoni, usulan Tol Laut untuk angkutan ribuan ton pisang kepok, perbaikan infrastruktur jalan, penambahan kapal Ferry tonase besar, perluasan bandara Enggano, membentuk badan pariwisata terpadu Bengkulu atau Perusda “Wisata Bengkulu”.

“Atas nama Aspirasi Masyarakat Indonesia dan ASIDEWI Propinsi Bengkulu kita mengajukan ke Bapak Ir. H. Jokowidodo Presiden Republik Indonesia untuk peduli terhadap Pulau Enggano serta mengundang Bapak Presiden beristirahat dan memancing di Pulau Enggano,” tutupnya.


Pewarta: MS Firman