Bank Indonesia Ajak Jurnalis & Mahasiswa Studi Banding UMKM dan Wisata Ibukota

Kantor Bank Indonesia Bengkulu/www.antarabengkulu.com

BENGKULU, sahabatrakyat.com– Sepuluh mahasiswa GenBI (Generasi Baru Indonesia) dan sejumlah jurnalis pewarta ekonomi di Bengkulu akan mengikuti studi banding ke Provinsi DKI Jakarta. Rencananya, rombongan akan bertolak ke ibukota negara Rabu (22/3/2017).
Studi banding hingga Sabtu (25/3/2017) tersebut merupakan salah satu kegiatan dalam rangka peningkatan kapasitas diri (capacity building) yang diprogramkan Bank Indonesia.
Kepala Tim Advisory dan Pengembangan Ekonomi Bank Indonesia Perwakilan Provinsi Bengkulu Cristin B. Sidabutar menjelaskan, studi banding kali ini akan fokus kepada upaya menggali pembangunan sektor usaha kecil menengah dan pariwisata di DKI Jakarta. Hasilnya akan menjadi masukan bagi pembangunan UMKM dan pariwisata Provinsi Bengkulu.
Karena itu diharapkan semua peserta yang ikut dalam kegiatan ini bisa mengeksplore seluruh materi dan lokasi yang dikunjungi sehingga bisa menjadi masukan yang akan disampaikan kepada Pemerintah Provinsi Bengkulu nantinya.
“Bank Indonesia (BI) berharap semua peserta nantinya mampu memberikan gagasan untuk dapat dijadikan bahan untuk mengembangkan pariwisata dan perekonomian di Provinsi Bengkulu,” kata Cristin.
Cristin mengatakan, Provinsi Bengkulu merupakan salah suatu provinsi yang kaya akan potensi pariwisata, salah satunya wisata Pantai Panjang yang dapat dikembangkan menjadi pariwisata bertaraf nasional sehingga dapat menarik investor dan pengunjung dari luar provinsi untuk berkunjung.
Investasi dan kunjungan wisatawan diharapkan dapat mendorong peningkatan perekonomian masyarakat, khususnya UKM yang berada di pesisir pantai. (cw10)