Malam Ini Babak Krusial, Jangan Lupa Dukung Nirwana…

TOP 16 Grup 1

BENGKULU, sahabatrakyat.com– Tak terasa sudah sepekan. Ajang Liga Dangdut Indonesia (LIDA) 2019 hari ini akan kembali bergulir. Bahkan informasinya, siaran langsung oleh statsiun televisi Indosiar ini akan dimulai lebih awal dari biasa, yakni mulai pukul 17.30 WIB untuk tayangan Opening Top 16. Salah satu peserta yang akan tampil adalah duta Provinsi Bengkulu Sri Nirwana.
Ketua ARFTI Bengkulu Utara Romansyah Sabania mengatakan, TOP 16 ini menjadi krusial bagi langkah Nirwana ke tahap selanjutnya, yakni 12 besar. Bisa dibilang, lolos babak 16 menjadi titik aman pertama.
Jika Nirwana tidak angkat koper malam ini, maka peluang untuk menuju ke TOP 3 akan semakin terbuka lebar. Bahkan tak menutup kemungkinan, jika terus didukung secara konsisten oleh masyarakat Bengkulu dan Indonesia, baik sms maupun vote maka Nirwana akan menjadi salah satu yang diperhitungan menjuarai LIDA 2019.
Roman memberi analisa begini: Di fase TOP 14 guna melengkapi 16 kontestan maka dipilih 2 kontestan yang tersenggol di TOP 21, baik secara wild card maupun pilihan langsung oleh dewan juri. Maka akan ada 16 kontestan yang akan berkompetisi yang dibagi menjadi 4 grup, yang masing-masing grup ada 4 kontestan perwakilan provinsi.
Di fase TOP 16 ini peluang Nirwana, jelas Roman, insyaAllah tidak terlalu sukar untuk dapat lolos ke fase TOP 12. Lalu di TOP 12 nanti akan kembali dibagi menjadi 4 grup, dimana masing-masing  grup ada 3 kontestan perwakilan.
“Kita berharap Aceh dan Sulawesi tidak dalam satu grup bersama Nirwana. Kenapa, karena Nirwana yang sudah memastikan diri masuk ke TOP 14 LIDA 2019 meski masih menyisahkan dua grup lagi di fase TOP 21 setelah menjadi rangking pertama dengan perolehan dukungan sebanyak 42, 39 persen,” urai Roman. “Itu capaian yang fantastis dan tertinggi selama kompetisi LIDA 2019 ini,” tambah dia.
Kata Roman, wakil Aceh dan Sulawesi menjadi saingan berat karena dukungan polling sms dan vote bagi keduanya cukup berpotensi meloloskan dua kontestan yang saat ini mengalami progres cukup baik selama LIDA berlangsung.
“Dari fase 12 besar, seluruh kekuatan baik polling sms maupun vote akan sangat membantu Nirwana untuk lolos. Jika lolos maka Nirwana akan berada pada fase TOP 8,” analisanya.
Di TOP 8 peserta akan diacak kembali menjadi 2 grup. Masing-masing grup terdiri dari 4 peserta/kontestan. Dengan demikian peluang akan kembali sedikit terbuka lebar mengingat ada 3 pesaing, yang secara perhitungan insaAllah masih dapat lolos ke TOP 6.
“Jika polling sms dan vote dari masyarakat akan kembali seperti yang sudah-sudah maka Nirwana  bisa tiba di fase krusial di TOP 6. Krusial karena peserta akan dibagi menjadi 2 grup. Nirwan bisa jadi masih berada pada grup yang sama. Yang sedikit menghawatirkan, dikarenakan cuma ada 2 pesaing di dalam satu grup, otomatis akan menjadi kompetisi yang cukup berat dan persaingan semakin ketat,” papar Roman.
Di TOP 5, lanjut Roman, akan ada satu peserta tambahan lagi untuk diikutkan. Dengan demikian peluang juga sedikit terbuka kembali karena kompetitor menjadi 5 orang. Atau 4 orang pesaing Nirwana.
Lalu di fase berikutnya,  yakni TOP 4, capaian paling minim adalah Nirwana menjadi yang terbaik ketiga. Semenyara jika dia lolos ke TOP 3 atau grand final maka pertarungannya bukan lagi hanya soal penampilan spektakuler melainkan juga dukungan polling baik sms maupun vote yang juga mesti mengalir secara luar biasa.
“Catatan di atas punya kemungkinan yang juga akan berbeda dari analisa semua orang, namun tidak menutupi kemungkinan, jika beberapa hal tidak mengalami perubahan dari awal sampai pada fase sekarang ini,” kata Roman.
Roman mengatakan, beberapa hal yang akan berpengaruh terhadap analisa di atas diantaranya. adalah polling sms dan vote dukungan masyarakat khususnya Provinsi Bengkulu dan Indonesia pada level aman antara 35,00 dan 38,00 % .
Kedua, dari penampilan yang ditunjukkan Nirwana mesti mengalami progres yang signifikan sehinggga akan mempengaruhi ekspektasi juri dan pemirsa.
Lalu ketiga, kata Roman, masyakarat Indonesia khususnya melihat potensi yang sama sehingga potensi dukungan masyarakat luar provinsi akan terbagi menjadi 3 pilihan pada tiga kontestan juara.
“Analisa itu berdasarkan pengamatan selama LIDA berlangsung dan potensi yang ada pada duta perwakilan Provinsi Bengkulu Sri Nirwana. Maka dengan segala kerendahan hati kami memohon dukungan agar Nirwana tetap mendapatkan dukungan dari seluruh lapisan masyarakat Bengkulu – Indonesia,” katanya.
Kesiapan Nirwana
Nirwana yang dikonfirmasi siang ini (28/03/2019) mengaku dirinya sudah mempersiapkan diri agar tampil maksimal malam ini. “Untuk malam ini Insya Allah sudah siap sekitar 80-90 persen,” kata Nirwana. “Materi malam ini lagu slow,” tambahnya.
Nirwana mengakui babak TOP 16 ini tidak ringan. Ia menyadari tiga kontestan lainnya juga sudah melewati fase seperti dirinya dan sama-sama mendapat dukungan yang tak bisa diremehkan.
“Peta persaingan malam ini cukup lumayan. Ya tidak ada yang ringan ya. Soalnya mereka kan juga sudah benar-benar teruji sama kayak  kita ya. Jujur bagi aku ini grup yang paling berat selama berkompetisi. Ada Yusuf, Ninda dan Angga. Mereka juga punya karakter dan senjata masing-masing. Jadi kita juga harus persiapkan diri dengan matang,” kata Nirwana. “Jadi mohon doa dan dukungan terus dari semuanya, terima kasih,” tutup Nirwana.


Pewarta: MS FIRMAN
Editor: Jean Freire