Percantik Makanan di Depan Kamera Dengan Lima Cara

Foto Makanan

Jakarta – Food stylist sekaligus food photographer Vania Samperuru berbagi lima hal yang bisa kita lakukan untuk mempercantik makanan agar menarik dan nampak semakin lezat saat di depan kamera.

Pertama, pertimbangkan logika dan keseimbangan. Menurut Vania, pastikan hal-hal di dalam foto masuk akal.

“Pastikan masuk akal. Misalnya mau foto pudding, lalu kita menaruh garpu di dekat piring, masuk akal kah? atau rolling pan di dekat cake. Apa kita perlu itu (rolling pan) untuk buat cake?,” tutur dia dalam sebuah workshop di Jakarta, Selasa.

Selain itu, lanjut dia, perhatikan juga keseimbangan ukuran, misalnya ukuran piring dan kue. Ukuran piring tak mungkin lebih kecil dari kue yang disajikan. Kemudian, jangan lupakan “table setting etiquette”.

“Keseimbangan itu salah satunya ukuran. Enggak mungkin cake terlalu kecil dengan piring terlalu besar. Lalu, ketika bingung mau memotret, perhatikan saja “table setting etiquette”, misalnya sendok di kanan, garpu di kiri,” kata Vania.

Ke dua, pilihlah konsep atau tema sebelum memotret. Dia menyarankan untuk memilih sesuatu yang bisa menceritakan.

Ke tiga, jangan lupakan koordinasi warna. Menurut Vania, saat seorang pertama kali melihat makanan, ia akan melihat dulu warnanya. Pastikan warna dasar termasuk dalam objek foto kita.

Ke empat ialah properti. Pertimbangkanlah warna properti dan jenis makanan yang akan dipotret. Soal warna, Vania menyarankan putih, karena merupakan warna paling aman.

“Sesuaikan warna properti dan jenis makanan. Putih paling aman. Lalu mix and match bahan alat, misalnya alat berbahan keramik dan bambu. Ini akan memunculkan tekstur yang berbedap-beda,” kata Vania.

Terakhir, komposisi garis. Manfaatkanlah garis-garis vertikal dan horizontal di kamera anda. Taruhlah makanan di antara garis-garis horizontal dan vertikal.

“Ketika menaruh makanan di tengah-tengah frame kamera, mainkanlah warna, tekstur, cahaya. Food styling itu, menyiapkan 5-10 menit waktu, untuk memikirkan food style yang lain dari yang lain,” ujar Vania menambahkan. (Antara)