Bupati Mian Beberkan Prioritas Pembangunan Infrastruktur ke Komisi V DPR

BENGKULU UTARA, sahabatrakyat.com– Bupati Bengkulu Utara I H Mian meminta pemerintah pusat memberi perhatian khusus terhadap kondisi sejumlah infrastruktur strategis yang ada di wilayah Bengkulu Utara. Bupati mengatakan, pembangunan infrastruktur tersebut akan berdampak langsung kepada investasi dan sektor ekonomi.

Permintaan itu disampaikan Bupati Mian melalui Komisi V DPR RI didampingi mitra kerja Komisi V, yang menggelar kunjungan kerja spesifik ke Kabupaten Bengkulu Utara, Kamis (18/11/2021). Mereka adalah Hj. Sadarestuwati, SP, MMA, Dra. Sri Rahayu, Drs. Hamid Noor Yasin, MM, dan Ir. Eddy S. Putra. Sementara mitra kerja Komisi V DPR RI yang hadir adalah Ditjen SDA, Ditjen Bina Marga, dan Kemendes PDTT.

Dalam kunjungan kerja ini, rombongan yang disambut langsung Bupati dan jajajran mulai dari bandara Fatmawati Bengkulu hingga ke Balai Daerah ini juga berkesempatan meninjau langsung sejumlah infrastruktur dan proyek pembangunan di Bengkulu Utara.

Adapun lokasi yang didatangi Komisi V dan mitra kerja itu mulai dari Pantai Tebing Kandang, Kecamatan Air Napal, sampai ke Pantai Urai, Kecamatan Ketahun yang menghawatirkan telah menggerus jalan nasional lintas barat Sumatera.

Rombongan juga meninjau Kawasan Perkotaan KTM Lagita di Kecamatan Ketahun serta peninjauan ruas jalan antara Kecamatan Ketahun dan Giri Mulya.

“Prinsipnya kami mendorong bahwa pemerintah pusat harus memperhatikan Kabupaten Bengkulu Utara. Paling utama terkait dengan pembangunan infrastruktur jalan di beberapa daerah yang kita lihat butuh sekali bantuan dari pemerintah pusat,” ujar Bupati Mian.

Bupati menjelaskan, situasi pandemi Covid-19 berdampak pada bergesernya prioritas penganggaran dari penanganan infrastruktur karena dialihkan untuk penanganan dampak Covid-19.

“Jalan-jalan bernilai strategis yang menghubungkan obyek-obyek wisata dan pusat ekonomi masyarakat tentu harus diperhatikan. Ketidaksanggupan fiskal keuangan daerah imbas dari gesernya prioritas penganggaran, tentu menjadi kewajiban pemerintah pusat untuk menyikapi hal ini,” jelasnya.

“Kita berharap pemerintah pusat bisa merespon cepat, dengan pesatnya pembangunan infrastruktur di Kabupaten Bengkulu Utara akan memacu tumbuhnya investasi dan ekonomi kreatif yang akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” tandas Bupati Mian.

Kunjungan kerja Komisi V DPR RI bersama Ditjen SDA, Ditjen Bina Marga, dan Kemendes PDTT berakhir Kamis (18/11/2021) malam. Sekitar pukul 21.30 WIB mereka bertolak dari Balai Daerah menuju Kota Bengkulu. (ADV.MS.Firman).