DPRD Bengkulu Utara Berinisiatif Rancang Raperda Jaminan Kesehatan

BENGKULU UTARA, sahabatrakyat.com- Kendati sudah di penghujung tahun, fungsi legislasi DPRD Kabupaten Bengkulu Utara (BU) terus saja bekerja. Seolah menjadi kado akhir tahun, Senin (14/12/2020), DPRD BU berinisiatif mengajukan Raperda tentang Kesehatan.

Ketua DPRD BU Sonti Bakara SH mengatakan, raperda inisiatif itu merupakaan wujud komitmen keberpihakan DPRD kepada masyarakat BU.

“Saya berharap Raperda ini dapat disahkan sehingga nantinya dapat bermanfaat kepada masyarakat sekaligus menjadi kado di akhir tahun 2020 bagi masyarakat Bengkulu Utara, “ kata Sonti dalam rapat paripurna DPRD BU.

Sementara Ketua Komisi I, Febri Yudirman, SE yang memprakarsai Raperda Tentang Kesehatan ini menyampaikan hak inisiatif ini merupakan yang pertama kali dilakukan oleh DPRD BU.

“Ini gebrakan baru DPRD Bengkulu Utara dan juga merupakan kado akhir tahun yang dipersembahkan untuk masyarakat,” ujar Febri.

Kata Febri, dengan adanya Perda ini nanti diharapkan semua warga BU terlayani hak atas pelayanan kesehatannya. Terlebih fakir miskin dan warga tidak mampu yang kerap tak terjangkau layanan kendati sudah terdaftar sebagai peserta program jaminan kesehatan.

Febri menambahkan, untuk penguatan pendanaan program Jamkesda ini nantinya peran dan keterlibatan perusahaan di daerah bisa dioptimalkan sebagai wujud tanggung jawab sosial dan lingkungan perusahaan. Termasuk pemanfaatan dana desa.

Rapat Paripurna itu sendiri dihadiri Sekretaris Daerah, Dr Haryadi, S.Pd,. M.M., M.Si, Kapolres BU, Dandim 04/23 BU, Anggota DPRD BU, dan perwakilan OPD di lingkungan Pemkab Bengkulu Utara. (MS. Firman/ADV).