Rapat Paripurna DPRD BU: Jawaban Eksekutif Atas Pandangan Umum Fraksi-Fraksi DPRD

BENGKULU UTARA, sahabatrakyat.com– Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bengkulu Utara (BU) kembali menggelar rapat paripurna dengan agenda Jawaban Eksekutif atas Pandangan Umum (PU) Fraksi-fraksi DPRD Kabupaten Bengkulu Utara Terhadap Raperda Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (R-APBD) Kabupaten BU Tahun Anggaran 2022. Rapat digelar di ruang Rapat Paripurna DPRD BU, Rabu (24/11/2021).

Rapat paripurna dibuka oleh Ketua DPRD BU Sonti Bakara, SH didampingi Wakil Ketua 1 Juhaili S.IP, Turut hadir Dr. Haryadi, S.Pd, MM, M.Si Sekdakab BU, anggota DPRD BU, Unsur Forkopimda, Kapolres BU, Kodim 0423/BU, Perwakilan OPD dan Organisasi Wanita.

Setelah membuka rapat, Ketua DPRD BU langsung memberikan kesempatan kepada pihak eksekutif menyampaikan atas jawaban pandangan fraksi-fraksi.

Jawaban eksekutif atas pandangan umum fraksi-fraksi DPRD Kabupaten BU ini dibacakan langsung oleh Bupati Bengkulu Utara. Satu per satu jawaban terhadap pandangan umum fraksi-fraksi DPRD Kabupaten BU disampaikan.

Dalam penyampaiannya Bupati Mian mengatakan, “Kami ucapkan terima kasih dan penghargaan atas perhatian dan kesungguhan hati kita semua untuk membahas Raperda Kabupten BU tentang APBD Tahun Anggaran 2022 ini.”

Dijelaskannya, terkait pendanaan yang kekuatan fiskalnya sangat amat sempit dibanding tahun 2021, beberapa pembangunan infrastruktur tidak dapat dilaksanakan. Oleh sebab itu Pemkab BU tetap berupaya dengan pemerintah mengundang Komisi V dalam kunjungan spesifik di Kabupaten BU.

“Harapannya dengan kedatangannya agar dana APBN baik melalui APBNP atau pun APBN murni tahun depan bisa memberikan penekanan kepada infrastruktur yang ada di Kabupaten Bengkulu Utara, baik infrastruktur provinsi maupun infrastruktur kabupaten,” jelasnya.

“Saya juga sudah sampaikan kepada seluruh OPD untuk melaksanakan efisiensi, efektivitas dan memangkas beberapa anggaran yang memang tidak efektif dan efisien dengan tidak mengurangi dan tetap mengedepankan pelayanan yang harus prima,” tutup Bupati BU.

Sementara itu Ketua DPRD BU Sonti Bakara, SH mengatakan pernyataan-pernyataan dan saran yang disampaikan fraksi-fraksi DPRD BU bertujuan untuk penyempurnaan Raperda R-APBD TA 2022. (ADV/MS. Firman).