Gudang Penyimpanan Barang Terbakar, Warga Air Bang Rugi Puluhan Juta

REJANG LEBONG, sahabatrakyat.com- Warga Kelurahan Air Bang Kecamatan Curup Tengah yang diketahui bernama Erlando (48) harus mengalami kerugian hingga puluhan juta setelah api membakar habis gudang barang penyimpanan yang terletak di bagian belakang rumahnya pada Kamis (8/4/202) pagi kemarin.

Kebakaran yang terjadi sekitar pukul 08.00 WIB tersebut diketahui sempat membuat warga RT 04 Kelurahan Air Bang Kecamatan Curup Tengah panik. Pasalnya kejadian kebakaran tersebut terjadi saat rumah warga banyak yang sepi lantaran ditinggal pemiliknya bekerja.

Beruntung kebakaran yang sempat membuat Dinas Damkar Rejang Lebong menurunkan 2 unit kendaraan Damkar untuk memadamkan api tidak menelan korban jiwa, hanya satu gudang berukuran sekitar 3X3Meter yang tepat berada disebelah Kantor Camat Curup Tengah hangus terbakar.

Menurut Erlando yang juga pegawai Bank BRI Curup itu, dirinya mengetahui jika gudang penyimpanan barang dirumahnya terbakar setelah dihubungi oleh warga dan keluarganya. Dimana saat itu dirinya sudah berada bekerja termasuk beberapa anggota keluarganya yang lain.

“Saya baru tahu setelah dihubungi anak saya dan tetangga, saya fikir awalnya rumah saya yang sudah terbakar, dapat telpon sayang langsung pula kerumah memastikan kejadian ini,”terangnya.

Diperkirakan api yang telah menghanguskan seluruh barang-barang yang ada digudang miliknya termasuk Genset serta mesin jahit dan sejumlah barang-barang lainnya yang ada di dalam gudang menurut Erlando berasal dari api pembakaran sampah yang letaknya tak jauh dari gudang. Dimana sebelum kejadian dirinya sempat membakar sampah dibelakang gudang tersebut.

“Tadi pagi sempat bakar sampah, mungkin api dari sanalah yang kemudian mengenai gudang tempat saya menyimpan barang-barang termasuk ada genset didalam sana, juga ada mesin jahit dan beberapa barang lain,”jelasnya.

Mengenai kerugian yang harus dialami akibat kejadian tersebut, Erlando tidak merincinya melainkan hanya memperkirakan saja sekitar puluhan juta.

Camat Curup Tengah Zulkarnain saat ditemui dilokasi dan terlihat pula sempat ikut memadamkan api, mengaku mengetahui jika ada kebakaran disebelah kantornya saat dirinya hendak mengikuti rapat di Pemkab Rejang Lebong. Dimana sebelum berangkat dirinya melihat ada kepulan asap diserta api serta sempat mendengar suara letupan dari bagian belakang rumah korban. Tanpa fikir panjang kemudian dirinya beserta staf kecamatan lainnya berusaha mendatangi lokasi dan langsung berusaha memadamkan api bersama warga sekitar lokasi sebelum akhirnya 2 unit mobil damkar turun memadamkan api.

“Saya mau berangkat ke gedung pola ikut rapat, terlihat ada api dan asap tebal dari bagian belakang rumah pak Erlando ini, kebenaran letak bangunan tepat berada disebelah kantor ini, kemudian saya mendatangi rumah dan langsung berusaha memadamkan api bersama warga lainnya, alhamdulillah api tidak sampai mengenai badan rumah,”akhirnya.(brn)