Hadir di Seluma, Pemuda Katolik Siap Bersinergi

SELUMA, sahabatrakyat.com– Pemuda Katolik resmi berdiri di Kabupaten Seluma. Selain menggelar penerimaan 13 anggota baru, berdirinya Pemuda Katolik Cabang Seluma itu juga ditandai dengan terpilihnya Andreas Jhon Roynal sebagai ketua dalam Musyawarah Komisariat Cabang atau Muskomcab, belum lama ini (19/12/2020).

Sebagai Ketua Pemuda Katolik Seluma periode 2020 – 2021, Andreas Jhon Roynal menyampaikan beberapa prioritas yang akan dilaksanakan ke depannya.

Pertama adalah bagaimana menghimpun dan menguatkan seluruh Pemuda Katolik yang ada di Seluma serta mampu memberikan kontribusi yang nyata bagi kemajuan Seluma melalui kegiatan-kegiatan yang positif.

“Untuk itu, langkah pertama yang akan dilakukan nanti adalah menjalin kominikasi dengan pemerintah kabupaten Seluma, hirarki, tokoh muda, dan tokoh umat yang ada di seluruh Kabupaten Seluma,” ujarnya.

Kedua, lanjut Andreas, Pemuda Katolik akan membangun aliansi kebangsaan yang strategis dengan kelompok organisasi pemuda lintas iman dan lintas profesi dalam rangka memperkuat jahitan silaturahmi kebangsaan yang diharapkan nantinya melahirnya program-program bersama untuk mendukung, baik program pusat maupun daerah, untuk semakin memperkokoh persatuan dan kesatuan di Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Ketua Carteker Pemuda Katolik Bengkulu, Barita Sinaga menyampaikan pembentukan Pemuda katolik Seluma adalah langkah yang tepat dalam menyikapi sejumlah persoalan yang ada di Kabupaten Seluma saat ini.

“Dimana kita ketahui bahwa tantangan pemuda saat ini adalah kemajuan teknologi yang begitu cepat terkhusus media sosial dimana isu radikalisme, intoleransi, kabar bohong dan ujaran kebencian begitu mudahnya didapat oleh kalangan masyarakat dan begitu mudahnya juga masyarakat terprovokasi dan mudah tersulut emosi yang tentu dapat menimbulkan konflik di masyarakat,” paparnya.

Menurut Barita, dalam menyikapi situasi yang terjadi saat ini maka Pemuda Katolik yang baru berdiri ini berkomitmen untuk terus melakukan kaderisasi serta menjaga wilayah Kabupaten Seluma tetap kondusif.

“Ikhtiar ini tentu membutuhkan dukungan dari banyak pihak,” tandasnya.


Pewarta: Jean Freire/Rls