Helmi Ingin Sektor Pariwisata Ada di 67 Kelurahan

Helmi Hasan

BENGKULU, sahabatrakyat.com– Walikota Bengkulu Helmi Hasan mengiginkan program sektor pariwisata di Kota Bengkulu lebih maju dan bermanfaat untuk masyarakat. Hal ini ia tekankan di hadapan para pegawai Dinas Pariwisata (Dispar), terkhususnya Kepala Dinas Pariwisata Amrullah.

“Teruslah berinovasi mengenai program-program pariwisata. Di dispar kan pejabatanya banyak, kalau setiap pejabat memiliki ide tentu akan banyak potensi-potensi pariwisata yang dapat di gali di Kota Bengkulu,” ujar Helmi.

Ia pun mempunyai keinginan yang kuat akan potensi wisata di Kota Bengkulu dapat memberikan dampak yang signifikan bagi sektor ekonomi maupun bermanfaat untuk masyarakat.

“Kalau bisa setiap kelurahan itu dikunjungi, cari potensi wisata yang besar disana. Jadi, nantinya setiap kelurahan ada buah tangan dan jerih payah dari Dispar disetiap wisata yang ada. Saya juga ingin di Kota Bengkulu ini jangan monoton pariwisatanya, harus ada inovasi,” tambahnya.

Setelah itu, Helmi menyarankan pihak Dispar untuk bekerjasama dengan Dinas PUPR untuk meyakinkan masyarakat dalam pembuatan danau buatan di daerah rawan banjir seperti di Tanjung Agung dan Tanjung Jaya.

“Ajak PUPR kerjasama meyakinkan masyarakat dalam pembuatan danau buatan, kalau butuh alat berat kita (Pemkot) ada. Nah, setelah itu dirikan komunitas pariwisata untuk masyarakat disana agar menata lingkungannya. Jadi, kalau musim hujan datang tempat ini menjadi wisata,” jelas Helmi.

Dirinya mencontohkan seperti kota atau kabupaten lain yang terus berbenah dari berbagai sektor, terkhususnya pariwisata.

“Di Garut, sawah disana jadi restoran dan tentu ini menjadi nilah tambah. Oleh karena itu, di Kota Bengkulu sektor pariwisatanya harus maju, buat program seni, sanggar tari bisa diberdayakan dan hal lainnya, susun anggarannya tautkan apa saja yang diperlukan. Tak hanya itu, kita kan punya 67 kelurahan, kalau satu kelurahan ada 1 inovasi berarti kota memiliki inovasi 67 pariwisata nantinya dan bermanfaat untuk masyarakat,” pungkasnya. (**)


(Rilis/Media Center Kota Bengkulu)