Isi Data dari Rumah, Bikin SIM Tak Pakai Lama

IPTU Aan Setiawan

REJANG LEBONG, sahabatrakyat.com- Ketertiban berlalu lintas bukan hanya dilakukan di jalan raya dengan mentaati rambu-rambu serta menggunakan helm keselamatan, namun juga pengemudi harus memiliki surat-surat berkendaraan salah satunya memiliki surat izin mengemudi (SIM) berkendaraan.

Polres Rejang Lebong saat ini telah memberikan upaya maksimal dalam pelayanan ke masyarakat terkait upaya membangun kesadaran tertib berlalu lintas khususnya dalam pembuatan SIM.

Saat ini masyarakat sudah dapat dengan mudah membuat SIM kendaraan tanpa harus menunggu lama dengan antri panjang di Polres. Permohonan penerbitan SIM saat ini sudah bisa dilakukan hanya dari rumah dengan sistem registrasi online.

Seperti yang dijelaskan oleh Kapolres Rejang Lebong, AKBP Puji Prayitno melalui Kasat Lantas Iptu Aan Setiawan kepada wartawan.

“Ini upaya pihak kepolisian untuk memberikan kemudahan kepada masyarakat untuk dapat memiliki SIM kendaraan, apalagi saat ini dimasa pandemi Covid-19 tidak harus antri di Satuan Penyelenggara Administrasi SIM (SATPAS) untuk mendaftar, bisa dari rumah dengan mengisi permohonan online,” jelas Aan.

Dilanjutkan Aan, pendaftaran dengan sistem online ini jelas memberikan kemudahan kepada masyarakat tanpa mengesampingkan syarat ketentuan berlaku.

Dimanapun berada masyarakat yang ingin membuat ataupun memperpanjang SIM bisa mendaftar dengan mudah.

Adapun caranya masyarakat yang memiliki smartphone dapat melakukan scan barcode yang disediakan, barcode itu dapat diakses di media sosial dan website Polres Rejang Lebong.

“Pendaftarannya dipermudah tanpa mengesampingkan syarat dan ketentuan berlaku, melalui barcode yang disediakan pemohon mengisi formulir permohonan penerbitan SIM secara lengkap, dalam form permohonan itu ada lengkap pilihan, mau membuat baru, mau mengganti SIM yang hilang atau memperpanjang tinggal pilih, kemudian upload e-KTP dan SIM sebelumnya bagi yang memperpanjang, isi lengkap datanya nanti tinggal datang ke (SATPAS) dan kami prioritaskan,” terangnya.

Selain pendaftaran SIM online yang sudah berjalan saat ini, diungkapkan oleh Aan, Korlantas Polri juga akan menyediakan aplikasi layanan perpanjangan SIM dari rumah yang rencananya akan di Launching pada April mendatang. (brn)