Kasus Covid-19 RL Terus Melonjak, Hari Ini 45 Kasus Baru

Syamsir

REJANG LEBONG, sahabatrakyat.com- Himbauan dan ajakan Pemerintah Kabupaten melalui Bupati dan Wakil Bupati Rejang Lebong Syamsul Effedi dan Hendra Wahyudiansyah agar masyarakat setempat dapat mematuhi protokol kesehatan (Prokes) yang sudah ditetapkan guna mencegah meluasnya penyebaran virus corona sepertinya belum diindahkan sepenuhnya oleh masyarakat.

Masyarakat, terlebih di tempat-tempat keramaian, masih banyak terlihat tidak mentaati aturan, mulai dengan tidak menggunakan masker, tidak menjaga jarak hingga tidak rajin mencuci tangan. Efeknya belakangan ini di wilayah tersebut lonjakan jumlah masyarakat yang terkena Covid-19 cukup signifikan. Bahkan per hari ini (22/6/2021), berdasar data yang dirilis oleh Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 RL, tercatat ada penambahan hingga 45 kasus baru.

Dengan penambahan tersebut diketahui untuk masyarakat Rejang Lebong yang dinyatakan positif terkena Covid-19 sudah mencapai 1.192 orang dari 4.396 sampel yang diperiksa. Padahal sehari sebelumnya jumlah positif Covid masih berjumlah 1.147 orang.

“Hari ini memang ada penambahan jumlah kasus positif yakni sebanyak 45 orang, dengan adanya penambahan tersebut, untuk Rejang Lebong hingga saat ini kasus positif sudah mnencapai 1.192 kasus, kita berharap semoga saja tidak ada penambahan yang terus meningkat,” sampai Kadis Kesehatan Rejang Lebong Syamsir.

Syamsir menjelaskan, dari 45 kasus penambahan terbaru, diketahui mayoritas melakukan isolasi mandiri, hanya ada 4 kasus yang mendapatkan perawatan di Rumah Sakit AR Bunda Lubuk Linggau yakni pasien kasus 1189, laki-laki, 58 tahun, warga Kecamatan Curup Tengah, pasien kasus 1191, perempuan, 53 tahun, Kecamatan Curup Tengah, dan pasien kasus 1192, laki-laki, 11 tahun,warga Kecamatan Curup Tengah, sedangkan satu lainnya yakni pasien kasus 1190, perempuan, 30 tahun, warga Kecamatan PUT.

“Untuk 41 kasus lainnya semuanya sudah melakukan isolasi mandiri, kalau untuk yang diramat di RS Dua Jalur Curup tidak ada, 4 kasus semuanya dirawat di RS.AR Bunda,” jelas Syamsir.

Untuk sebaran dari 15 Kecamatan di wilayah tersebut, disampaikan Syamsir terbanyak ada di wilayah Kecamatan CurupTengah yakni 39 kasus dengan sebaran terbanyak ada di wilayah Kelurahan Air Bang 18 kasus. Kecamatan Curup 29 kasus dengan sebaran terbanyak ada di Kelurahan Kepala Siring dan Air Putih Baru masing-masing 7 kasus. Kecamatan Curup Selatan 21 Kasus dengan sebaran terbanyak ada di desa Teladan 9 kasus, kemudian Kemacatan Curup Timur dengan 19 kasus terbanyak ada di Kelurahan Kesambe Baru yakni 6 kasus.

Kecamatan Curup Utara 15 kasus dengan sebaran terbanyak ada di Desa Dusun Sawah 7 kasus. Kemudian Selupu Rejang dengan 14 kasus dan sebaran terbanyak ada di Desa Air Meles Atas 8 kasus. Kecamatan Bermani Ulu 2 kasus, dan Kecamatan Binduriang, Bermani Ulu Raya, Sindang Kelingi dan PUT masing-masing 1 kasus.

“Untuk empat kecamatan lain seperti Kota Padang, Sindang Beliti Ilir, Sindang Beliti Ulu dan Sindang Dataran untuk Zona Hijau yang artinya tidak ada kasus positif,” jelas Syamsir.

Disisi lain, seolah tiada lelahnya, selaku Kepala Dinas Kesehatan Syamsir mengingatkan agar masyarakat di wilayah tersebut dapat memiliki kesadaran untuk mematuhi protokol kesehatan, pasalnya menurut Syamsir demi kesehatan dan keselamatan bersama dan mencegah terus meningkatkan kasus Covid-19 di Rejang Lebong sangat dibutuhkan adanya kesadaran dan dukungan semua pihak terutama masyarakat. (brn)