Kebakaran 3 Ruko Pasar Tengah Diduga Akibat Arus Pendek

 

REJANG LEBONG, sahabatrakyat.com-Kebakaran hebat yang melanda kawasan pusat pertokoan Kota Curup dengan menghanguskan 3 unit rumah toko (ruko) pada Sabtu malam (29/8/2020) sekitar pukul 21.45 WIB kemarin diduga kuat disebabkan oleh arus pendek listrik di salah satu ruko yang hangus terbakar.

Kapolres Rejang Lebong Dheny Budhiono melalui Kasubag Humas AKP S Simarmata dalam keterangan tertulisnya kepada media menjelaskan, berdasar keterangan sejumlah saksi dari hasil penyelidikan yang pihaknya lakukan, diperoleh informasi api pertama kali muncul dari salah satu ruko yang terbakar. Kemudian api membesar dan menjalar ke Ruko lainnya.

“Informasi yang kami dapatkan dari keterangan sejumlah saksi, ada asap yang muncul dari salah satu bangunan ruko yang terbakar, kemudian muncul api dan menjalar ke ruko lainnya hingga terjadilah kebakaran besar, dugaan sementara sumber api ini dari arus pendek aliran listrik,”sampai Simarmata.

Selain itu dipastikan kembali oleh pihak Polres Rejang Lebong meski kebakaran besar terjadi dan baru bisa dipadamkan pada pukul 00.30 WIB oleh 6 unit mobil Damkar dibantu oleh anggota Polisi, TNI dan warga masyarakat itu, tidak ada korban jiwa.

“Akibat kejadian ini tidak ada korban jiwa, hanya kerugian materi saja akibat dari tiga unit ruko bersama ruko kecil milik Bisin berikut isinya hangus terbakar malam tadi (kemarin),” jelas Simarmata.

Berdasar pantauan siang kemarin, para pemilik ruko dibantu beberapa warga masih terlihat sibuk membersihkan puing-puing sisa kebakaran. Salah satu korban kebakaran Aliong pemilik toko Sesuai Elektronik mengatakan jika dirinya hanya mampu menyelamatkan beberapa barang elektronik yang dijualnya saat kebakaran terjadi. Api yang membakar tokonya begitu cepat membesar dan menghanguskan seisi bangunan ruko.

Dijelaskan Aliong jika pada malam kejadian toko miliknya memang dalam kondisi tanpa
penghuni.”Waktu dapat kabar ada kebakaran, saya langsung menuju toko, pas saya buka api sudah besar di dalam dan membakar barang-barang, ada beberapa saja yang bisa saya selamatkan,”ujarnya.

Sebagaimana diketahui sebelumnya, kebakaran terbesar dibulan Agustus ini terjadi dijalan wilayah Kelurahan Pasar Tengah sekitar pukul 21.45 WIB Sabtu malam. Lokasi tersebut selain menjadi lokasi pusat perekonomian kota Curup, juga merupakan salah satu kawasan padat penduduk. Kebakaran yang sempat menjadi tontonan warga itu diketahui menghanguskan 3 bangunan ruko berikut isinya.

Masing-masing Ruko Sesuai Elektronik milik Aliong (68 tahun) warga Kelurahan Jalan Baru Kecamatan Curup. Toko Subur milik Atong (67 tahun) warga DI Panjaitan Kelurahan Talang Bening Kecamatan Curup, serta Toko Mulya Bangunan mlik Ayek (68 tahun) warga Kelurahan Jalan Baru Kecamatan Curup.

Selain 3 ruko tersebut diketahui pula ada toko kecil milik Bisin (54) warga Jalan M Hasan Kelurahan Kepala Siring Kecamatan Curup Tengah yang juga terbakar.

Api yang diduga muncul dari arus pendek listrik tersebut dengan cepat membakar bangunan-bangunan ruko tersebut, apalagi saat kejadian angin cukup kencang. Meski 6 unit mobil Damkar sudah di kerahkan berikut 2 unit mobil tangki air kelokasi. Namun upaya pemadaman tidak berjalan cepat. Sijago merah baru bisa dijinakkan oleh petugas PBK dibantu warga, anggota Polisi dan TNI sekitar pukul 00.30 WIB. (brn)