Mudahkan Transaksi Non-Tunai, Pemkab BU Sosialisasi OPD Payment

BENGKULU UTARA, sahabatrakyat.com– Pemkab Bengkulu Utara terus berbenah dan berinovasi meningkatkan pelayanan dengan mengembangkan sistem pembayaran non tunai seiring dengan majunya teknologi informasi. Salah satunya adalah dengan meluncurkan aplikasi OPD Payment.

Layanan digital keuangan atau transaksi non-tunai ini dimungkinkan berkat kerja sama Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) Kabupaten Bengkulu Utara (BU) bersama Bank Bengkulu Cabang Arga Makmur yang telah menggelar sosialisasi dan bimtek penggunaan aplikasi OPD Payment pada Senin (18/10/2021) di Aula SD Model Arga Makmur.

BKAD BU sendiri merupakan unsur penunjang pemerintahan yang menjadi kewenangan daerah kabupaten yang berkedudukan di bawah dan bertanggung jawab kepada Bupati melalui Sekretaris Daerah.

“Terima kasih kepada Bank Bengkulu yang telah membuat aplikasi OPD non tunai, sesuai arahan pemerintah pusat untuk kedepan tidak ada lagi transaksi manual,” ujar Ramadanus, SE saat dibincangi awak media usai membuka sosialisasi dan bimtek OPD se-Kabupaten BU.

Ramadanus menjelaskan, OPD Non Tunai ini bertujuan untuk meningkatkan efisiensi dan efektifitas setiap OPD dalam melaksanakan tugas sehari-hari dan pihak-pihak eksternal yang melakukan pengawasan karena bisa lebih gampang mengecek kondisi keuangan dalam transaksi berdasarkan kondisi yang ada.

”Aplikasi ini mendorong terciptanya akuntabilitas dan transparansi pengeluaran keuangan di setiap OPD di lingkungan Pemkab BU,” tutup Ramadus.

Kepala BKAD H Fitriyansyah, S.STP. MM melalui Sekretaris BKAD BU Masrup, S.St.Pi. MM, kepada sahabatrakyat.com usai pembukaan sosialisasi mengatakan, seluruh OPD di lingkungan Pemkab BU diundang mengikuti sosialisasi dan bimtek aplikasi OPD Payment ini agar semuanya bisa menggunakannya dengan baik.

“Sistem aplikasi ini merupakan bentuk digital dari transaksi yang membantu proses kegiatan di Pemerintahan. Terlebih dalam bertransaksi para pegawai tidak perlu bersusah payah untuk langsung datang ke Bank Bengkulu,” jelas Masrup.

Ia menambahkan, adanya aplikasi ini juga merupakan amanah pemerintah pusat melalui Keputusan Presiden Nomor 3 Tahun 2021 tentang Satuan Tugas Percepatan Dan Perluasan Digitalisasi Daerah. Dimana seluruh Pemerintah Daerah dalam pengelolaan keuangan secara non tunai.

“BKAD BU selaku bendahara umum daerah kiranya nanti semua bisa mengikuti sosialisasi dan bimtek dengan serius dan bila ada hal-hal yang belum dimengerti untuk dipertanyakan dan betul mendalami aplikasi ini secara detail, komitmen Pemeritah Daerah Bengkulu Utara bersama Bank Bengkulu untuk mempermudah kerja kita semua,” jelas Masrup.

Sementara itu, Pimpinan Bank Bengkulu Cabang Arga Makmur Syefrizal Sahpony, SE. MM, menjelaskan dengan menambah satu fitur lagi yakni OPD Payment, lebih dikenal OPD Non Tunai dalam rangka efisiensi dan sangat efisien sekali karena dengan adanya OPD Non Tunai maka transaksi bisa dimana saja.

“Kita bisa bekerja dimana saja tidak mesti datang ke Bank Bengkulu. Sebab OPD Non Tunai ini sangat membantu transaksi di Pemda BU dalam rangka pelayanan kepada seluruh masyarakat,” kata Rizal sapaan akrabnya. (ADV/Firman).