Ops Patuh Nala, Polres BU Bikin Stop Line di SPBU

BENGKULU UTARA, sahabatrakyat.com– Operasi Patuh Nala 2020 di Bengkulu Utara tak hanya menertibkan pengguna kendaraan bermotor di jalan raya. Dalam rangka melaksanakan adaptasi kebiasaan baru, Satlantas Polres BU bahkan ikut membuat stop line di salah satu SPBU di Kota Arga Makmur.

Stop line ini sendiri ditujukan untuk memberi jarak bagi pemilik kendaraan saat mengisi BBM, sehingga tidak menimbulkan kerumunan yang berpotensi menyebabkan penularan Covid-19.

Dalam keterangannya, Polres Bengkulu Utara menyebut kegiatan itu dilaksanakan bersama-sama dengan pihak terkait, yakni Dinas Perhubungan, Jasa Raharha dan SPBU Pagar Ruyung Kota Arga Makmur, Senin (27/7/2020). Setidaknya ada belasan petugas yang terlibat.

“Pembuatan Stop Line roda dua di SPBU 24.386.10 Datar Ruyung Kota Arga Makmur ini dalam rangka upaya mengarahkan pengemudi roda dua yang akan antri mengisi BBM agar melakukan adaptasi kebiasaan baru dengan memberikan jarak antrian antar R2/berhenti sesuai pada garis henti R2 yang tersedia agar tidak berkerumun atau bersentuhan sehingga dapat memutus mata rantai penyebaran Covid-19,” terang Kapolres AKBP Anton Setyo Hartanto melalui Kasat Lantas AKP Kadek Suwantoro.

AKP Kadek menambahkan, stop line berwarna kuning di SPBU juga membantu pihak SPBU mengatur antrian sepeda motor yang akan mengisi BBM agar tidak semrawut/berkerumun sehingga terlihat tertib dan jarak terjaga.

“Tujuannya agar pengemudi R2 dapat beradaptasi dengan kebiasaan baru yaitu social distancing dan physical distancing pada saat antri di SPBU dengan memberhentikan R2 pada posisi stop line R2 sebagai upaya pencegahan dan memutus mata rantai Covid 19,” tandasnya.


Pewarta: MS Firman