Pemkab Bengkulu Utara 4 Tahun Berturut-Turut Raih WTP

BENGKULU UTARA, sahabatrakyat.com– Komitmen dan konsistensi Pemkab Bengkulu Utara untuk senantiasa menerapkan tata kelola pemerintahan yang baik dalam pengelolaan keuangan Negara kembali menorehkan prestasi. Untuk keempat kalinya secara berturut-turut, Pemkab BU menerima piagam Penghargaan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK RI Perwakilan Provinsi Bengkulu atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Tahun Anggaran 2020.

Piagam penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jendral Perbendaharaan Provinsi Bengkulu kepada Bupati Bengkulu Utara, di Balai Daerah, Selasa (9/11/2021). Tercatat, penghargaan tersebut sudah kali keempat mendapatkan penghargaan sejak tahun 2017, 2018, 2019 dan 2020.

Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jendral Perbendaharaan (DJPb) Provinsi Bengkulu, Syarwan SE MM memberi apresiasi atas capaian tersebut. Ia menyampaikan bahwa pengelolaan APBD Pemkab Bengkuulu Utara sudah sangat baik, antara lain sudah sesuai standar akuntansi, sudah sesuai dengan peraturan perundang-undangan dan transparan.

“Jika tidak transparan tentu tidak akan pernah mendapatkan WTP. Artinya ini meningkatkan kepercayaan masyarakat kepada Pemda BU dan juga mendorong masyarakat investor untuk berani ber-investasi di Bengkulu Utara, Karena mereka percaya pengelolaan APBD-nya sudah sangat bagus.” ujarnya.

Syarwan menambahkan prestasi ini merupakan kerjasama Tim yang dipimpin oleh Bupati Bengkulu Utara bersama Wakil Bupati BU yang sudah bekerja keras dan bekerja iklas.

“Yakinlah dengan kita mengelola APBD ini dengan baik yakin bahwa daerah ini akan maju, karena investor akan datang masyarakat percaya dan pasti akan mendukung. Semua capaian ini adalah kerja tim, semua OPD yang mengelola APBD ini sudah bekerja sangat baik di bawah pimpinan bapak bupati dan wakil bupati. Tim kompak ini yang harus di jaga kekompakannya kebersamaannya, kerja kerasnya dan kerja ikhlasnya,” paparnya.

Bupati Bengkulu Utara Ir H Mian mengapresiasi seluruh OPD dan tim yang telah bekerja keras dan berharap agar mampu meraih WTP di tahun ke 5.

”Terima kasih untuk seluruh jajaran pemerintah daerah yang di koordinir oleh BPKAD telah mematuhi tata kelola keuangan sesuai dengan regulasi dan akuntabilitas nya sehingga kita terus menerus mendapatkan 4 kali berturut-turut,” ujarnya.

“Untuk itu menatap tahun 2021, laporan untuk 2021 harus kita persiapkan menuju 5 kali berturut-turut. Kita berharap nanti dapat menerima WTP yang ke 5 yang diserahkan langsung oleh ibu menteri,” tambahnya.

Turut hadir dalam acara Kepala Kantor Pelayanan Pajak Bengkulu Nanik Triwahyuningsih I, Wakil Bupati Bengkulu Utara Arie Septia Adinata, SE,M.AP, Ketua DPRD Kabupaten Bengkulu Utara Sonti Bakara, SH, Asisten 2 Setdakab BU, Asisten 3 Setdakab BU, perwakilan OPD terkait dan Camat se-Kabupaten BU. (ADV/MS Firman)