Selama Puasa Ramadhan, Jam Kerja ASN Berkurang Dua Jam

Sekkab Rejang Lebong R.A.Denni/Foto: brn-sahabatrakyat.com

REJANG LEBONG, sahabatrakyat.com– Selama bulan suci Ramadhan 1442 Hijriyah tahun 2021 Masehi, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rejang Lebong telah mengeluarkan peraturan khusus berupa surat edaran untuk seluruh ASN yang ada di lingkungan Pemkab tersebut. Aturan tersebut diketahui berupa pengurangan jam kerja selama dua jam selama pelaksanaan ibadah puasa berlangsung.

Langkah ini, menurut Sekkab Rejang Lebong R.A.Denni, adalah untuk optimalisasi kerja ASN dan juga supaya menjaga pelaksanaan ibadah puasa tidak terganggu.

“Kita sudah buat aturannya dan mulai hari ini Selasa (13/4/2021) seluruh ASN di lingkungan Pemkab Rejang Lebong akan pulang lebih awal yakni pukul 15.00 WIB dari sebelumnya jam pulang kerja adalah 16.00 WIB,” terang Denni.

Lebih jauh diutarakan Denni, pengaturan jam kerja selama bulan ramadhan adalah pengurangan jam kerja sebanyak 2 jam, dimana untuk masuk kerja biasanya pukul 07.30 WIB menjadi pukul 08.00 WIB. Kemudian jam istirahat mulai pukul 12.30 hingga pukul 13.00 WIB dan pulang kerja biasanya pukul 16.00 WIB menjadi pukul 15.00 WIB.

“Kita kan memberlakukan lima hari kerja, jam kerja kita mulai pukul 08.00 WIB-pukul 15.00 WIB. Biasanya tidak ada istirahat sekarang ada istirahat selama 30 menit, saya harap para pegawai bisa memaksimalkan waktu yang ada ini,” jelas Denni.

Terkhusus untuk hari Jumat karena tidak ada kegiatan olahraga, lanjut Denni, seluruh ASN diwajibkan menggunakan pakaian muslim. Sementara yang non-muslim menyesuaikan. “Sedangkan untuk jam kerja khususnya hari Jum’at jam istirahat yang diperpanjang untuk mengikuti pelaksanaan shalat Jum’at,” tambahnya.

Berdasar pantauan di Sekretariat Pemkab Rejang Lebong di hari pertama Ramadhan, aktivitas kerja ASN berlangsung seperti biasanya. Bahkan Sekkab sendiri terlihat memimpin rapat bersama para pejabat dan PNS lainnya di ruang rapat Sekkab. (brn)