Si Jago Merah ‘Mengamuk’ di Air Bang, Kerugian Ratusan Juta

Petugas pemadam kebakaran saat berjuang memadamkan api, Minggu (5/9/2021) malam/Foto: brn

REJANG LEBONG, sahabatrakyat.com- Peristiwa kebakaran kembali terjadi di wilayah Kabupaten Rejang Lebong, Minggu (5/9/2021) malam sekitar pukul 20.30 WIB.

Kebakaran itu melanda rumah seorang pengusaha bengkel mobil bernama Aris Marpadani (56 tahun) di Jalan Danau Poong RT. 11 RW.05 Kel. Air Bang Kec. Curup Tengah.

Akibat peristiwa itu korban ditaksir menderita kerugian sekitar Rp 500 juta. Sebab, selain satu unit rumah tinggal, api juga melahap tiga unit bangunan atap kayu ukuran 10×20 meter yang menjadi lokasi parkir dan bengkel, tiga unit mobil lengkap, dan emat unit mobil yang sedang dibongkar mesin. Termasuk surat-surat penting milik korban dan anaknya.

Kapolres Rejang Lebong AKBP Puji Prayitno kepada sahabatrakyat.com mengungkapkan, hasil olah TKP sementara diketahui bahwa peristiwa diketahui pertama kali oleh anak tiri korban. Saat itu ia hendak memeriksa sinyal wifi yang terputus ke hape-nya.

Sementara sang ayah, lanjut Kapolres, saat itu sedang bertandang ke rumah tetangga di depan rumah.

“Saat diketahui api sudah ada di bagian atas ruang dapur rumah,” kata Kapolres Puji Prayitno.

Anak korban yang mengetahui hal tersebut langsung berteriak meminta pertolongan hingga didengar dan diketahui warga sekitar.

Belum sempat warga berusaha memadamkan api, terdengar suara ledakan dari dalam rumah hingga lima kali.

Kondisi tersebut membuat suasana bertambah panik dan api semakin membesar. Diduga ledakan tersebut berasal dari tabung gas yang ada di dalam rumah.

Saat sudah tidak terdengar lagi ledakan, warga berusaha membantu memadamkan api dengan peralatan seadanya sebelum 3 unit mobil damkar tiba di lokasi.

Namun lantaran cuasa berangin serta banyak barang yang mudah terbakar, api baru dapat dipadamkan sekitar pukul 23.00 WIB. Tak kurang dari 10 tank air mobil damkar dikerahkan ke lokasi.

Sementara ini diduga kebakaran dipicu arus pendek aliran listrik serta ledakan 3 buah tabung gas yang ada di rumah korban.

“Dugaan sementara dari arus listrik, kemudian ditambah dengan ledakan tabung gas, namun kita juga masih melakukan penyelidikan lebih lanjut terkait kejadian ini, tidak ada korban jiwa, anggota malam tadi langsung turun membantu, kalau kerugian materi diperkirakan lebih dari 500 juta,” sampai Kapolres

Sempat Cemas

Di sisi lain, warga di sekitar TKP tak bisa menutup rasa was-wasnya. Mereka bahkan panik dan cemas setelah mendengar ledakan berkali-kali dari dalam rumah. Khawatir api kian membesar dan menjalar ke rumah sekitar yang memang merupakan kawasan padat pemukiman. (brn)