Wakil Ketua Umum I KONI Pusat, Suwarno
Wakil Ketua Umum I KONI Pusat, Suwarno

BANDUNG, sahabatrakyat.com- Wakil Ketua Umum Pengurus Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat, Suwarno menyarankan agar KONI Bengkulu dapat menata diri demi meningkatkan kinerja organisasi dan prestasi olahraga di masa-masa mendatang. Hal ini dikemukakannya terkait persoalan yang sempat mewarnai KONI Provinsi Bengkulu dan capaian yang ditorehkan di PON XIX 2016/Jawa Barat.

“Ketua Umum yang baru masih belum bisa melakukan penataan organisasi. Kita (kemarin) menyarankan untuk lakukan penyiapan atlet menuju PON Jawa Barat menjadi satu proritas. Kita berharap pasca-PON nanti, mereka mulai menata organisasi di lingkungan KONI Bengkulu itu sendiri,” kata Suwarno di Bandung, Jawa Barat, baru-baru ini.

Menurut Suwarno, penataan organisasi itu bisa dimulai dengan melakukan konsultasi dengan pejabat daerah, baik dengan Gubernur, Kapolda, maupun Danrem. Termasuk pihak-pihak atau elemen lainnya yang berkepentingan. “Minta masukan dan petunjuk supaya nanti didalam rangka penataan organisasi KONI Bengkulu bisa lebih baik dan tidak menimbulkan konflik,” kata Suwarno.

Untuk meningkatkan prestasi olahraga Bengkulu ke depan, kata Suwarno, maka Bengkulu harus menegakkan tujuh pilar pembinaan olahraga prestasi, di antaranya kebijakan, organisasi, sarana prasarana, pembinaan, dan anggaran.

“Apakah kebijakan daerah mendukung olahraga apa belum? Penataan organisasi olahraganya bagaimana? Pembinaan atlet, misalnya, ada nggak kompetisi menuju Jabar 2016? Bagaimana pelatihan klub dan wasit, dan bagaimana anggaran,” papar Suwarno.

“Tujuh pilar itu adalah satu kesatuan bulan. Kalau salah satu pilar saja tidak maksimal, maka tidak akan pernah juga maksimum dalam pembinaan atlet olahraga di Bengkulu,” kata Suwarno. (cw5)

Editor: Jees