Di Bengkulu Utara Terjadi 15 Lakalantas Tiap Bulan

Kasat Lantas Polres BU, AKP Fuad Rangkuti, SH, S.Ik

BENGKULU UTARA, sahabatrakyat.com– Satlantas Polres Bengkulu Utara mencatat ada 60 peristiwa kecelakaan lalu lintas selama empat bulan terakhir (Januari-April). Jika dirata-rata, itu artinya ada 15 lakalantas setiap bulan.
“Karena itu kami selalu mengimbau supaya pengguna lalu lintas mematuhi peraturan agar keselamatan dan kenyamanan dalam berlalu lintas tercipta dengan baik,” kata Kasat Lantas Polres BU AKP MS. Fuad Rangkuti, SH, S.Ik usai Apel Gelar Pasukan Ops Patuh Nala 2018 belum lama ini.
Rangkuti menjelaskan, dari tujuh sasaran prioritas dalam Operasi Patuh Nala 2018, pengumudi dibawah umur dan pengemudi yang menggunakan hape saat berkendaraan akan dilakukan penindakan.
“Menggunakan hape itu akan mengganggu konsentrasi pengendara, baik kendaraan roda dua atau kendaraan roda empat. Saat bermain hape pastinya pengendara tidak akan fokus dan tidak akan mendengarkan suara kendaraan atau isyarat-isyarat dari pengendara sekitarnya. Ini akan mengakibatkan kecelakaan,” papar Rangkuti.
Rangkuti menyebut, penyumbang data terbanyak dalam kasus lakalantas adalah pelajar dan karyawan. Lokasinya menyebar di sejumlah titik rawan di wilayah Kota Arga Makmur, Ketahun, Pondok Kelapa, Karang Tinggi dan Talang Empat.
“Tentunya berdasarkan perintah namanya pelajar apabila usianya tidak cukup membawa sepeda motor otomatis kita akan melakukan tindakan,” ujar Rangkuti.
Di sisi lain, kata Rangkuti, pihaknya akan mendorong pemerintah untuk menyediakan fasilitas angkutan umum agar pelajar tidak menggunakan kendaraan pribadi lagi ke sekolah.
“Jadi kalau fasilitasnya nyaman, fasilitasnya tercukupi, maka masyarakat yang menggunakan sepeda motor akan bergeser menggunakan kendaraan umum. Harapannya seperti itu,” paparnya.


Penulis: MS Firman
Editor: Jean Freire