Meski Stok Beras Aman, Bulog Diminta Gelar Operasi Pasar

Tim Pangan Polres BU saat memantau stok dan kondisi beras di Gudang Buog di BU/MS Firman

BENGKULU UTARA, sahabatrakyat.com– Harga beras yang terus merangkak naik akhir-akhir ini menjadi perhatian sejumlah pihak, termasuk Polres Bengkulu Utara.
Guna memastikan ketersediaan, Tim Pangan Polres BU memantau langsung Gudang Bulog yang ada di Desa Taba Tembilang, Kecamatan Arga Makmur, Rabu (17/01/2018).
“Kita cek ada 247 ton yang tersedia di sini. Kemudian, sementara perjalanan 340 ton, jadi ada 587 ton yang siap. Jadi untuk masalah beras di wilayah Bengkulu Utara tidak ada masalah dan saat ini juga dari Bulog sudah melaksanakan operasi pasar kepada distributor tertentu,” kata Kapolres BU, AKBP Ariefaldi Warganegara melalui Kasat Reskrim AKP Jufri SIK.
Polres BU, lanjut dia, juga sudah berkoordinasi dengan Pemkab BU agar dapat meminta secara resmi Bulog menggelar operasi pasar secara terbuka.
“Kami juga sudah koordinasi dengan pihak dinas perdagangan dan bapak bupati dan dalam waktu dekat ini meminta bantuan atau menurunkan Bulog untuk melaksanakan operasi pasar secara terbuka untuk mengantisipasi harga beras di wilayah Bengkulu Utara melonjak tinggi seperti di daerah lain. Kita ini daerah penghasil beras,” kata Jufri.
Jufri menambahkan, saat ini masih tahap normal, tidak ada permainan harga yang dilakukan oleh para pedagang. “Tetapi kita tetap pantau dan mendalami, jika memang ada yang coba-coba hal demikian silahkan laporkan kepada kami,” pintanya.
Sementara itu, Kepala Bulog, Ismail, mengatakan, beras impor tahun 2015 dari Vietnam yang kedatangannya di Indonesia tahun 2016 ini meski sudah lama namun dia pastikan kualitasnya sehat.
“Boleh dilihat,” ujar Ismail. “Di Bulog kita ada perawatan beras, ini baru selesai perawatan, untuk harga ke pedagang Rp 8.100 harga eceran tertinggi Rp 9.850,” urainya.
Ismail menjelaskan, 200 ton beras impor dari Vietnam merupakan cadangan beras pemerintah, untuk golongan anggaran, raskin, bencana alam.


Penulis: MS Firman
Editor: Jean Freire
Foto: MS Firman