Polisi Tes Urine Belasan Pengunjung Tempat Hiburan di Kemumu, Eh…Ada Oknum Pejabat

TES URINE: Polisi menggelar operasi Cipta Kondisi. Belasan pengunjung tempat hiburan diminta tes urine/foto MS Firman

BENGKULU UTARA, sahabatrakyat.com- Selain mercon atau petasan dan kendaraan bermotor, Polres Bengkulu Utara juga menggelar operasi cipta kondisi terhadap peredaran Narkoba pada malam pergantian tahun baru. Melalui Satuan Narkoba operasi melibatkan 20 personil yang dibagi dalam dua tim.
Operasi yang langsung dipimpin Kasat Narkoba AKP Rahmat Hadi Fitrianto, SH, SIK pada Minggu (30/12/2018) malam sekitar pukul 23.00 WIB itu menyasar lokasi dan tempat hiburan yang biasa ramai pada malam hari, seperti di wilayah Kelurahan Kemumu dan Purwodadi.
“Operasi dilaksanakan di tiga tempat hiburan malam. Ini dalam rangka menciptakan kondisi aman menjelang tahun baru, serta guna mencegah dan meminimalisir tindak pidana narkotika oleh masyarakat yang akan melaksanakan kegiatan pergantian tahun,” kata Kapolres Bengkulu Utara AKBP Ariefaldi Warganegara, SH, SIK melalui Kasat Narkoba AKP Rahmat Hadi Fitrianto, SH, SIK.
Sementara itu, dalam operasi tersebut sebanyak 13 pengunjung yang berada di tempat hiburan malam langsung diminta menjalani tes urine. Hasilnya, dari 11 perempuan dan 2 pria yang menjalani tes menunjukkan tidak ada pengunjung yang menggunakan narkoba alias negatif.
Meski tidak mendapatkan pengunjung atau warga yang melanggar hukum, Rahmat menegaskan pihaknya bisa sewaktu-waktu menggelar razia. Ia juga meminta masyarakat agar bekerja sama dengan memberi informasi bila ada tindak pidana narkoba.
Di sisi lain Rahmat mengimbau agar momentum pergantian tahun bisa diisi dengan kegiatan yang positif, tidak berlebihan atau hura-hura. “Kami menghimbau kepada masyarakat yang akan melakukan kegiatan pergantian tahun untuk tidak menggunakan narkoba dan tidak berlebihan dalam melaksanakan pergantian tahun. Alangkah baiknya diganti dengan kegiatan yang positif seperti silaturahmi atau menggelar doa bersama,” ujar dia.
Ada Oknum Pejabat
Sementara itu, saat tiba di lokasi operasi, awak media sempat melibat seorang oknum pejabat di lingkungan Pemkab Bengkulu Utara berada tak jauh dari TKP. Oknum pejabat yang diduga sekretaris dinas di salah satu OPD itu terkesan menghindar. Tampak sibuk dengan telepon genggamnya ia berdiri membelakangi para petugas dan media yang ada di lokasi.


Penulis: MS Firman
Editor: Jean Freire