Rapat Paripurna LKPj 2019: Pandangan Umum Fraksi DPRD Bengkulu Utara

BENGKULU UTARA, sahabatrakyat.com- Usai mendengar nota pengantar Laporan Keterangan dan Pertanggungjawaban Bupati Bengkulu Utara terkait penggunaan APBD TA 2019 pada Senin (6/7/2020), hari ini (7/7/2020), DPRD BU kembali menggelar rapat paripurna dengan agenda penyampaian pandangan umum fraksi.

Sekretaris Fraksi De Asen, Dwi Tanto AMd Ak yang membacakan pandangan umum fraksi, memberi penghargaan yang setinggi tingginya atas pencapaian pemerintah daerah sebagaimana disampaikan Bupati Bengkulu Utara.

“Kami mengapresiasi bisa mempertahankan WTP dari BPK RI, kita berharap seluruh instansi dalam pengawasan pembangunan baik pendidikan, kesehatan dan yang lainnya harus secara prioritas dan extra,” ujarnya.

Di sisi lain, De Asen juga menyorot soal realisasi PAD TA 2019 yang menurun, yakni hanya 86 persen atau senilai Rp 71,754 milyar lebih.

“Hal ini disebabkan ketidak-cermatan dalam menentukan target capaian. Artinya asumsi yang digambarkan dalam target masih mentah, sehingga realisasinya menurun dari tahun 2018, penurunan PAD dapat diartikan kurang mampunya program OPD dalam berkreasi mengoptimalkan potensi daerah,” papar Dwi Tanto.

Fraksi De Asen juga mendorong pemerintah daerah agar menerapkan reward and punishment serta menegakkan regulasi guna meningkatkan nilai kinerja aparatur sipil negara, meningkatkan pengawasan terhadap peraturan restribusi daerah.

“Orientasi belanja untuk memenuhi kebutuhan masyarakat harus menjadi prioritas dibanding belanja untuk memenuhi kebutuhan birokrasi,” tegas Dwi Tanto.

Fraksi De Asen memberi catatan agar pemenuhan hak dasar masyarakat di bidang kesehatan, pendidikan dan kesejahteraan didahulukan dan harus ada semangat reformasi yang kuat, untuk memprioritaskan kegiatan yang dirasakan lansung oleh masyarakat kabupaten Bengkulu Utara.

“Diberi sanksi tegas atas kelalaian pejabat teknis, agar tidak ada kesalahan yang disengaja yang dapat menimbulkan potensi kerugian keuangan daerah,” tutup Dwi Tanto. (MS. Firman/ADV).