Rawan Kecelakaan, Sebelat Ulu Minta Peningkatan Jalan

Jalan Provinsi di Desa Sebelat Ulu yang butuh peningkatan/Aka

LEBONG, sahabatrakyat.com- Tahun ini Pemerintah Provinsi Bengkulu bakal meningkatkan jalan Tambang Sawah-Ketenong Kecamatan Pinang Belapis dengan pagu Rp 16,632 milyar lebih. Terkait proyek pembangunan itu, Kepala Desa Sebelat Ulu Achmad Buchari berharap empat titik rawan yang ada di wilayah desanya bisa ikut disentuh demi meminimalisir kecelakaan.
Menurut Buchari, jika dibanding dengan jalan Tambag Sawah-Ketenong yang belum tersentuh pembangunan selama 20-an tahun, maka kondisi jalan ke Sebelat Ulu jauh lebih parah. Dari panjang jalan sekitar 600 meter, kata dia, ada sekitar 400 meter yang kondisinya rusak parah.
“Di titik rawan itu kerap terjadi kecelakaan. Jalan itu banyak diakses anak-anak kita yang pergi-pulang sekolah, termasuk dilalui pedagang,” ujar Buchari, belum lama ini kepada sahabatrakyat.com.
Pengguna jalan yang mengalami kecelakaan di jalur rawan/aka

Buchari mengatakan, perbaikan empat titik rawan di jalan provinsi itu sudah disampaikan secara resmi dengan proposal yang dikirimkan ke Dinas PUPR Provinsi Bengkulu. “Kita sudah usulkan adanya perapian. Kalau mau dibangun tahun ini memang belum bisa pastinya,” ujar Buchari.
Lebih lanjut Buchari mengatakan, memimpin desa dengan jumlah 130 Kepala Keluarga dimana pendapatan utama warga dari padi dan kopi, ia mengaku sangat kesulitan mengembangkan potensi desa karena terkendala akses jalan maupun sinyal internet.
“Potensi wisata desa kita ini ada dua: Air Panas dan Bukit Sebelat. Potensi susah dikembangkan karena akses yang belum mendukung,” tutupnya.


Penulis: AKA BUDIMAN
Editor: Jean Freire