Rayakan Idul Adha 1440 H, Pemkab Lebong Target Kurban 22 Ekor Sapi

LEBONG, sahabatrakyat.com- Menghadapi hari raya Idul Adha 1440 H, Pemerintah Kabupaten Lebong menargetkan bisa mengumpulkan 22 ekor sapi berkelamin jantan sebagai hewan kurban.
Target itu ditetapkan berdasarkan jumlah Organisasi Perangkat Daerah di lingkungan Pemkab Lebong. Artinya masing-masing OPD diharapkan bisa menyumbang minimal satu ekor sapi.
Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Setda Lebong, Fabil Rozak mengharapkan setiap OPD ikut serta berkurban. Jika tidak ingin repot, OPD juga bisa menyerahkan uang tunai kepada pihaknya untuk dibelikan hewan kurban.
Fabil menguraikan, satu ekor sapi bisa dibeli dari hasil sumbangan setidaknya oleh tujuh orang dalam satu OPD atau dengan jumlah uang Rp 2.200.000 per orang-nya. Bisa ASN dan atau TKK.

Fabil Rozak

Adapun syarat hewan kurban di antaranya yakni ternak yang disumbangkan tidak boleh ada cacat sedikit pun, tidak sakit atau kekurusan. Sapi berusia minimal 2 tahun.
“Paling lambat tanggal 5 Agustus 2019 hewan kurban sudah diserahkan,” ujarnya ditemui sahabatrakyat.com belum lama ini (25/7/2019) di Tubei.
Fabil mengatakan, untuk banyaknya karcis dan sebaran, teknis pemotongan dan tempat pembagian masih dalam pembahasan.
“Untuk karcis biasanya kita sesuaikan dengan jumlah hewan. Nanti untuk teknis kita akan dibahas dulu,” tandasnya.


Laporan: Aka Budiman