Santri Pergi Mandi, Pondok Pesantren Terbakar

Puing-puing pondok pesantren yang terbakar

BENGKULU UTARA, sahabatrakyat.com- Musibah kebakaran kembali terjadi di wilayah Kabupaten Bengkulu Utara, Jumat (24/3/2017) pagi sekitar pukul 09.20 WIB. Kali ini si jago merah mengamuk di Pondok Pesantren Qowwamus Sunnah (Salafi) yang terletak di Jalan Tanah Hitam Desa Marga Sakti, Kecamatan Padang Jaya.
Informasi terhimpun, api yang membakar pesantren itu diduga akibat korsleting listrik. Api bermula dari kamar asrama putra yang merambat hingga ke bangunan kantor. Dalam tempo sekitar setengah jam, bangunan kantor dan asrama itu pun ludes.
Tidak ada korban jiwa akibat musibah, sebab saat kejadian asrama dalam keadaan tak berpenghuni. Namun pihak pengelola pondok pesantren mengalami kerugian materil yang jumlahnya ditaksir mencapai Rp 75 juta.
Kapolres Bengkulu Utara AKBP Andhika Vishnu, S.IK melalui Kasat Reskrim AKP M. Jupri, S.IK saat dikonfirmasi sahabatrakyat.com, mengatakan asrama putra dalam keadaan kosong karena para santri yang masih libur saat itu tengah mandi di sungai tak jauh dari pondok pesantren.
Petugas dan warga di lokasi pondok pesantren yang terbakar

“Pada saat 3 unit damkar tiba di TKP, bangunan sudah ludes karena yang memberi tahu pihak damkar menggunakan sepeda motor, tIdak melalui telepon seluler,” tutup Jupri.
Fajar, salah seorang santri saat dibincangai mengatakan, “Saya melihat api dari dari arah belakang asrama. Lalu saya teriak meminta tolong dan saya berusaha menyelamatkan barang-barang, namun api cepat membesar maka barang-barang seperti kitab, dan peralatan santri yang lain tidak dapat diselamatkan.” (MS Firman)